Pendaftaran SNMPTN 2022 Sudah Dibuka! Simak Cara Daftarnya di ltmpt.ac.id

Hadi Widodo
Langkah Pendaftaran SNMPTN 2022. (Foto: instagram)

Pendaftaran snmptn tahun 2022 sudah dibuka, segera lakukan registrasi di link snmptn.ltmpt.ac.id atau ltmpt.ac.id. 

Pendaftaran SNMPTN 2022 hanya digelar secara online, dan dibuka selama dua minggu ke depan, yakni mulai 14 Februari 2022 hingga 28 Februari 2022. Link Pendaftaran SNMPTN 2022 Pendaftaran SNMPTN 2022 dapat dilakukan melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN 2022. Hanya siswa yang sudah memenuhi syarat berikut yang dapat mengikuti SNMPTN. 
1. Sudah memiliki akun LTMPT 
2. Akun LTMPT sudah dipermanenkan 
3. Termasuk salah satu siswa eligible atau masuk dalam kuota pendaftaran SNMPTN 
4. Ada di dalam daftar Portal Data Sekolah dan Siswa (PDSS) Cara daftar SNMPTN 2022 

Langkah selanjutnya adalah segera melakukan pendaftaran SNMPTN 2022. Dirangkum dari berbagai sumber berikut cara daftar SNMPTN 2022: 
1. Klik https://snmptn.ltmpt.ac.id/ atau https://portal.ltmpt.ac.id/
2. Log in menggunakan email dan password akun LTMPT ke dua link di atas. Pada portal LTMPT, detikers dapat memilih menu "Masuk" terlebih dahulu.
3. Siswa eligible akan mendapatkan tampilan Halaman Profil berisi biodata, sedangkan siswa yang tidak eligible akan menerima pesan, "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022."
4. Tekan menu Pilihan untuk menuju ke halaman Pilihan Prodi
5.Klik PTN/politeknik yang diinginkan. Lalu, akan muncul Daftar Prodi SNMPTN 2022 yang bisa dipilih. Jika syarat jurusan tidak dapat dipenuhi, maka prodi tidak akan bisa diklik.
6. Pada kolom prodi, lihat apakah disyaratkan mengunggah portofolio. Ketentuan portofolio hingga aturan ukuran file bisa dibaca melalui menu Unduhan di situs LTMPT
7. Setelah memilih prodi, klik Simpan Semua Pilihan yang terletak di kanan atas.
8. Selanjutnya akan muncul konfirmasi jika prodi pilihan tidak mensyaratkan portofolio
9. Klik Simpan. Apabila berhasil, akan ditampilkan notifikasi berbunyi, "Berhasil menyimpan pilihan, silakan mengisi portofolio/prestasi."
10. Apabila sudah melakukan Simpan Pilihan, tetapi ingin ganti prodi ke yang membutuhkan portofolio atau membutuhkan tipe portofolio berbeda, maka akan muncul notifikasi konfirmasi pilihan. Setelah yakin dengan perubahan pilihan, klik Simpan
11. Tekan Pilihan Anda jika ingin cek kembali prodi yang dipilih
12. Unggah portofolio jika disyaratkan
13. Isi prestasi yang pernah dicapai, jika ada. Ketentuan unggahan bukti prestasi dapat dilihat pada menu Unduhan di laman LTMPT
14. Lakukan Finalisasi
15. Setelah finalisasi, data sudah tidak bisa diubah. Selanjutnya, siswa bisa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah dibuka pada hari ini, Senin (14/2/2022) pukul 15.00 WIB. SNMPTN adalah jalur pertama yang dapat ditempuh oleh para siswa kelas 12 untuk mendaftar menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit di Indonesia. 

Demikian informasi seputar pendaftaran SNMPTN 2022. Adapun hasil SNMPTN 2022 akan diumumkan pada 29 Maret 2022 mendatang. Selamat mendaftar, dan semoga lolos seleksi! 

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network