5 Negara Penghasil Kopi Terbaik Dunia

Nanang Sulaeman
5 negara penghasil kopi terbaik dunia (Foto: Freepic)

Kira-kira, negara mana saja yang menjadi penghasil kopi terbaik di dunia, berikut rangkumannya.

Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer didunia . Bahkan, ada komunitas tersendiri bagi penggemar kopi Negara-negara penghasil kopi terkenal sebagai daerah tropis. Indonesia termasuk salah satu penghasil kopi terbaik di dunia.

Dirangkum dari laman Farrers Coffee, berikut  5 Negara penghasil kopi dan ulasannya.

1. Brasil

Brasil menempati posisi teratas di nomor satu, menghasilkan 2,68 juta metrik ton kopi per tahun. Sebagai sebuah negara, kopi telah menduduki puncak sebagai produsen kopi terkemuka dunia selama 150 tahun.

Tidak mengherankan, mengingat jumlah kopi yang dihasilkan Brasil, iklimnya sangat cocok untuk menanam biji Arabika dan Robusta. Brasil membanggakan tingkat sinar matahari dan curah hujan yang tepat, ketinggian rendah dan bahkan suhu sepanjang tahun.

Kopi Brazil dikenal dengan bodynya yang lembut, keasaman rendah dan rasa coklat dan karamel yang kaya rasa pahit, menjadikannya bahan dasar yang sempurna untuk membuat kopi dengan rasa yang luar biasa.

2. Vietnam

Di Asia, Vietnam melonjak dua kali lipat di nomor dua, dengan lebih dari 1,5 juta ton. Ini adalah komoditas kedua yang paling banyak diekspor setelah beras. Kopi diperkenalkan ke Vietnam oleh mantan penjajah Prancis pada 1800-an ke wilayah Buôn Ma Thuột, di mana kopi itu masih tumbuh hingga hari ini.

Vietnam adalah salah satu produsen robusta paling kompetitif di dunia setelah direformasi pada tahun 1986 yang memungkinkan perusahaan swasta yang menyebabkan lonjakan pertumbuhan industri mengubahnya menjadi negara penghasil kopi tertinggi kedua di dunia.

Vietnam menyumbang 40% dari keseluruhan produksi biji kopi Robusta dunia, yang dikenal karena keasaman dan kepahitannya yang rendah, menjadikannya sempurna untuk kopi instan dan sebagai bagian penyusun kopi campuran.

3. Kolombia

Dengan medan dan iklim yang sempurna, Kolombia adalah salah satu dari sedikit negara yang memproduksi 100% biji Arabika. Kolombia dan kopi adalah kombinasi yang sangat terkenal yang dihargai untuk rasa aromatik, ringan dan buah.Café de Colombia adalah organisasi nirlaba, mewakili perdagangan kopi dan menyentuh setiap keluarga di Kolombia. Ini menginvestasikan kembali keuntungan mereka untuk kepentingan komunitas petani kopi.

Biji kopi biasanya ditanam pada ketinggian 1500-2000 meter, yang menghasilkan berbagai kopi bertubuh sedang dengan aroma kacang yang kaya dan sedikit keasaman jeruk, memberikan rasa ringan dan rasa manis yang halus.

4. Indonesia

Kembali ke Asia dan Indonesia melompat ke depan secara signifikan di nomor empat. Sebuah hal baru yang cukup besar untuk sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau, kopi yang tersedia dari belahan dunia ini sangat beragam.

Penanaman kopi dimulai pada akhir tahun 1600-an selama masa kolonial Belanda. Pulau Jawa adalah tempat pertama di mana kopi dibudidayakan di Indonesia. Kopi Jawa terkenal dengan rasa kayunya yang matang dan bersahaja dengan rasa asam yang kaya, penuh, dan manis.

Kopi Indonesia cukup banyak di 10 kopi teratas, Jawa, Sumatera, dan Sulawesi berada di urutan teratas. Ini adalah kopi yang benar-benar menghasilkan, dengan nada bersahaja, rasa berasap dan pedas yang kompleks, dengan tubuh penuh dan aroma yang kaya.

5. Honduras

Terhambat oleh infrastruktur yang buruk di masa lalu, menyebabkan sebagian besar kopi Honduras dijual di dalam negeri dengan hanya 10% dari hasil panen mereka yang diekspor. Namun dalam beberapa tahun terakhir kopi mereka semakin dicari.

Sebagian besar kopi Honduras ditanam di pertanian pegunungan kecil yang dikenal sebagai 'Fincas' di ketinggian antara 1400-1700 meter. Banyak dari 'Fincas' ini memiliki iklim mikronya sendiri, yang menyediakan berbagai macam profil rasa dan aroma dari hazelnut, hingga vanilla dengan sedikit buah merah.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network