SEMARANG, iNewsPantura.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang menyampaikan bahwa sejumlah perjalanan kereta api di wilayahnya masih mengalami pembatalan dan perubahan relasi pada Rabu (29/10/2025). Langkah tersebut dilakukan guna mendukung proses normalisasi jalur dan penguraian kelambatan akibat genangan air di kilometer 2+3 hingga 3+0 pada jalur hulu dan hilir antara Stasiun Alastua – Semarang Tawang.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, mengatakan pembatalan dan perubahan relasi sejumlah perjalanan KA merupakan langkah operasional yang perlu diambil agar proses normalisasi lintas berjalan efektif.
“KAI Daop 4 Semarang menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak atas pembatalan perjalanan tersebut. Sebagai bentuk tanggung jawab pelayanan, KAI memberikan pengembalian biaya tiket 100 persen di luar bea pesan bagi pelanggan yang sudah memesan tiket kereta yang dibatalkan,” ujar Franoto dalam keterangan resminya, Rabu (29/10).
Berikut daftar perjalanan KA yang dibatalkan sementara per pukul 05.00 WIB:
KA 496 Kedung Sepur relasi Semarang Poncol (SMC) – Ngrombo (NBO)
KA 495 Kedung Sepur relasi Ngrombo (NBO) – Semarang Poncol (SMC)
KA 268 Banyubiru relasi Semarang Tawang (SMT) – Solo Balapan (SLO)
KA 267 Banyubiru relasi Solo Balapan (SLO) – Semarang Tawang (SMT)
Sementara itu, perubahan relasi dan stasiun pemberangkatan dilakukan pada dua perjalanan KA, yakni:
KA 261 Blora Jaya relasi Cepu – Semarang Poncol menjadi Cepu – Alastua
KA 266 Ambarawa Ekspres relasi Semarang Poncol – Surabaya menjadi Alastua – Surabaya
Franoto menjelaskan, proses pengembalian tiket dapat dilakukan di loket stasiun maupun melalui Contact Center 121. Pengajuan klaim refund dapat dilakukan hingga maksimal H+7 dari tanggal keberangkatan.
KAI juga mengimbau pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan melalui berbagai kanal resmi, yakni Contact Center 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email cs@kai.id , serta media sosial @KAI121 di Instagram, X (Twitter), dan Facebook yang sudah terverifikasi.
“Kami berterima kasih atas pengertian dan kesabaran para pelanggan. Seluruh jajaran KAI Daop 4 Semarang saat ini terus berupaya agar kondisi operasional segera kembali normal dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan optimal,” tambah Franoto.
Hingga Rabu pagi, kondisi genangan air di jalur Alastua – Semarang Tawang dilaporkan mulai menurun. Petugas KAI Daop 4 Semarang terus melakukan pemantauan intensif dan upaya normalisasi agar perjalanan KA kembali lancar.
Sejak Selasa (28/10) malam, jalur tersebut sudah dapat dilalui dengan bantuan lokomotif BB 304 dan CC 300 dari Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Semarang, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Sebelumnya, jalur sempat tidak bisa dilalui karena ketinggian air melebihi batas aman sehingga KAI terpaksa melakukan rekayasa pola operasi dan pembatalan sejumlah perjalanan.
“KAI Daop 4 Semarang sekali lagi memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Kami memastikan upaya normalisasi terus dilakukan agar seluruh layanan kembali normal secepatnya,” tutup Franoto.
Editor : Suryo Sukarno
Artikel Terkait
