Profil Tri Suaka, Penyanyi yang Parodikan Andika Kangen Band

Hadi Widodo
Tri Suaka (Foto: Okezone)

Profil Tri Suaka semakin membuat penasaran publik setelah dirinya menjadi buah bibir belakangan ini.

Tri Suaka menuai somasi setelah dianggap melecehkan musisi Andika Kangen Band dan Rizal Armada. Pria yang disebut punya karakter vokal mirip Ariel Noah ini memiliki nama lahir Tri Aji Suaka.

Ia lahir pada 16 Mei 1994 di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Tri Suaka merupakan seorang muslim. Hal ini dilihat dari kegiatan sehari-harinya yang dibagikan melalui sosial medianya.

Namun, hingga kini belum diketahui pasti terkait nama lengkap kedua orangtua Tri Suaka. Kendati begitu, Tri Suaka termasuk rutin membagikan momen kebersamaan bersama keluarga tercintanya.

Penyanyi 27 tahun ini memilih menetap di Yogyakarta. Tri Suaka merantau ke Kota Pelajar setelah cita-citanya menjadi polisi kandas pada 2013 silam.

Awalnya, Tri Suaka berniat melanjutkan pendidikannya di Jogja. Namun, takdir pun berkata lain. Biodata dan agama Tri Suaka justru mencatat dirinya pernah menjadi penjaga toko hewan di dekat tempat tinggalnya.

Beruntung, profesi tersebut menjadi batu loncatan sang musisi cover. Saat itu, dia memiliki teman bernama Adlani Rambe yang akhirnya menjadi teman duetnya mengamen dari kafe ke kafe.

Setelah memiliki pendengar setia, Tri Suaka bersama sahabatnya itu merintis kanal YouTube. Sejak itu pula, nama Tri Suaka kian melejit di dunia industri musik Tanah Air. Dia pun kerap diundang berbagai acara musik anak muda. Karier bermusiknya kian melonjak tajam setelah ia bertemu rekan duetnya, Zinidin Zidan.

Zinidin Zidan sendiri merupakan pria asal Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Sebelum menggeluti dunia tarik suara bersama Tri Suaka, Zidan hanya seorang mahasiswa. Keeehariannya pun tampak biasa saja. Ia disibukkan dengan menjaga warung milik keluarganya.

Zidan bertemu Tri Suaka lewat perkenalan dari kakaknya. Sebelumnya, Zidan sudah memililiki minag bernyanyi, hanya mengunggah konten videonya lewat akun TikTok.

Tri Suaka makin dikenal luas karena penampilannya bersama Zidan dan Nabila Maharani viral dengan nyanyi lagu Malaysia yang berjudul Buih Jadi Permadani.

Di awal karier bermusiknya, Tri Suaka menjadi perbincangan publik usai memparodikan gaya Andika Kangen Band saat membawakan lagu Selingkuh. Video yang diunggahnya pun viral di berbagai akun gosip.

Tri Suaka dan Zidan seolah meledek cara bernyanyi Andika Kangen Band. Lagu Selingkuh Kangen Band pun tampak dibawakan dengan gimik berlebihan.

Dalam video parodinya, Zidan dan Tri Suaka berusaha menirukan mimik wajah dan gestur sang vokalis saat manggung. Keduanya pun melakoninya sambil berusaha menahan tawa. Sontak, aksi cover parodi itu mendapat cibiran dari kalangan warganet. Mereka dinilai tak menghargai musisi senior yang lebih dulu terjun ke industri musik Tanah Air.

Dewasa ini, Tri Suaka juga menuai tudingan dari musisi bernama Erwin Agam. Dia disebut tak membayar royalti dari lagu ciptaan Erwin Agam berjudul Emas Hantaran.

Dalam unggahan facebook pribadinya, Erwin mengatakan sempat ingin mengajak kerja sama Tri Suaka setelah karyanya viral.

Sayangnya, kata Erwin, Tri Suaka justru tak menggubris ajakan tersebut. Erwin lantas menyebut sikap Tri Suaka tak beretika.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network