Dinsos-P2KB Kota Pekalongan Salurkan Bantuan Logistik bagi Pengungsi

Ribut Achwandi
Petugas serahkan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir rob di lokasi pengungsian.

PEKALONGAN, iNews.id – Hingga hari ini (Rabu, 25/5/2022) penyaluran logistik makanan dan minuman bagi warga terdampak banjir rob di Kota Pekalongan masih terus dilakukan. Kepala Dinas Sosial, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB), Yos Rosidi mengungkapkan, penyaluran logistik ini sudah dijalankan sejak Senin (23/5/2022) malam.

"Sejak hari pertama banjir rob melanda Kota Pekalongan, kami sudah menyiagakan logistik berupa makanan, minuman, obat-obatan seperti salep gatal, minyak kayu putih, obat masuk angin, vitamin, keperluan lain seperti pembalut wanita , popok bayi dan biskuit untuk didistribusikan kepada warga terdampak banjir rob yang ada di sejumlah pengungsian. Untuk makanan pokok berupa nasi bungkus sudah tersalurkan per tanggal 24 Mei 2022 pagi sebanyak 1.170 bungkus yang kami pesan dari warung baik untuk sarapan pagi, siang, dan malam," terang Yos.

Yos menjelaskan, per hari ini hingga tiga hari kedepan, pihaknya menerima bantuan nasi dari Baznas Kota Pekalongan. Bantuan nasi bungkus tersebut dikhususkan untuk kebutuhan sarapan pagi. Sedang untuk makan siang dan malam pengungsi tetap menjadi tanggung jawab Dinsos-P2KB Kota Pekalongan.

Yos juga menyebutkan, bantuan Baznas sebanyak 250 nasi bungkus untuk hari pertama, 300 bungkus untuk hari kedua, dan 300 bungkus juga untuk hari ketiga. Dengan bantuan tersebut, Yos memastikan, suplai logistik sampai saat ini masih tercukupi. Terlebih, dana rutin Dinsos-P2KB dan pengungsi bisa terlayani dengan baik. Hingga saat ini, tercatat 378 orang pengungsi masih bertahan di beberapa titik lokasi pengungsian yang disediakan Pemkot Pekalongan.

"Selain dari Baznas, bantuan-bantuan logistik juga datang dari KORPRI Kota Pekalongan dan sejumlah stakeholder terkait lainnya. Terkait, kebutuhan pendirian dapur umum Pemkot memang belum ada, karena masih bisa dihandle dari nasi bungkus. Namun, untuk dapur mandiri yang didirikan swadaya dari masyarakat sudah ada  di RT 1 RW 5  Gang 6 dan Gang 5 Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara," tukasnya.

Editor : Ribut Achwandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network