get app
inews
Aa Read Next : Amalan Sunah dan Adab pada Malam dan Hari Jumat

Manfaat Sholawat Jibril Dibaca 1.000 Kali, Pembuka Pintu Rezeki

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:27 WIB
header img
Manfaat Sholawat Jibril dibaca 1.000 kali akan membuka pintu rezeki. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Manfaat Sholawat Jibril dibaca 1.000 kali akan menjadi pembuka pintu rezeki bagi yang mengamalkannya. Sholawat Jibril ini patut dihafalkan dan diamalkan Muslim dalam tiap kesempatan terutama di hari Jumat

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk memperbanyak bersholawat pada hari Jumat. Diriwayatkan dari Abu Darda bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"أَكْثِرُوا عليَّ مِنَ الصَّلَاةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَإِنَّهُ يَوْمٌ مَشْهُودٌ، تَشْهَدُهُ الْمَلَائِكَةُ"

Artinya: Perbanyaklah membaca salawat untukku di hari Jumat, karena sesungguhnya hari Jumat itu adalah hari yang disaksikan oleh para malaikat".

Berikut bacaan Sholawat Jibril lirik dan artinya:

 صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد 

Latin: Shollallohu A’la Muhammad.

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad SAW.

Dinamakan Sholawat Jibril karena sholawat ini pertama kali diucapkan Malaikat Jibril saat membisiki Nabi Adam AS sebagai mahar untuk mempersunting Siti Hawa.

Dalam Kitab Afdholus Sholawat, sholawat Jibril ini memiliki banyak keutamaan di antaraya dibukakan 70 pintu rahmat dan dilancarkan rezekinya. 

Berikut 4 keutamaan membaca sholawat Jibril:
 
1. Dibukakan 70 Pintu Rahmat

“Telah berkata Al-Imam Asy-Sya’rani : Telah bersabda Nabi shollallohu alaihi wasallam : “Barang siapa yang membaca solawat ini, akan dibukakan ke atas dirinya tujuh puluh pintu dari rahmat, dan Allah akan meletakkan kecintaanNya pada kalbu-kalbu manusia.

Tiada yang menjadi marah kepadanya melainkan orang yang memiliki kemunafikan di dalam kalbunya.” 

2. Paling Dekat dengan Rasulullah

قال شيخنا يعني علياً الخواص رضي الله عنهما هذا الحديث والذي قبله وهو قوله صلى الله عليه وسلم أَقْرَبُ مَا يَكُونُ أَحَدُكُمْ مِنِّ إِذَا ذَكَرَنِي وَصَلَّى عَلَيَّ رويناهما عن بعض العارفين عن الخضر عليه السلام عن رسول الله صلى الله عليه وسلم وهما عندنا صحيحان في أعلى درجات الصحة وإن لم يثبتهما المحدثون على مقتضى اصطلاحهم والله أعلم ا.ه.

Telah berkata guru kami, yakni ‘Ali Al-Khawwas: “Hadits ini dan yang sebelumnya, yakni sabda Nabi : “Keadaan paling dekat denganku bagi seseorang daripada kalian ialah apabila aku disebut, dia bersolawat ke atasku”. Kami meriwayatkannya dari sebahagian Al-‘Arifin,dari Al-Khidir , dari Rasululloh shollallohu alaihi wasallam, dan keduanya di sisi kami adalah sohih, pada setinggi-tinggi derajat kesohihan, walaupun tiada ditetapkan oleh para ahli ilmu hadits, kerana kesulitan istilah-istilah mereka. Wallohu a'lam. Selesai kutipan dari Al-Imam Asy-Sya’rani.

3. Dicintai Allah dan Rasul

Al-Hafiz As-Sakhawi dari Majduddin Al-Fairuzabadi, pemilik Al-Qamus,dengan sanadnya yang sampai kepada Al-Imam As Samarqandi. 
As Sakhawi telah berkata. “Aku telah mendengar Al-Khidir dan Ilyas , dan mereka berdua telah berkata, “Kami telah mendengar Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda:

“Tiadalah seorang yang beriman mengucapkan, “Semoga Allah melimpahkan solawat ke atas Muhammad”, melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walaupun mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah mencintainya.” 

4. Pembuka Pintu Rezeki

Habib Umar bin Hafidz mengijazakan sholawat jibril dibaca 1.000 kali dan istighfar 100 kali tiap pagi dan sore, insyaallah akan dilancarkan rezekinya dan mendapat keberkahan.

Wallahu A'lam

Editor : Kastolani

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut