get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Buka Muktamar Sufi Internasional 2023 di Kota Pekalenongan

Tokoh Masyarakat dan Adat di Kalimantan Timur Dukung IKN

Selasa, 01 Februari 2022 | 22:34 WIB
header img
Proses pembangunan IKN di Kalimantan Timur

JAKARTA, iNews.id - Tokoh masyarakat dan Adat Kalimantan Timur disebut mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Dukungan itu disampaikan oleh perwakilan tokoh masyarakat kepada Presiden Jokowi Senin .

Taufik Hanafi Selaku Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas yang turut hadir dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan para tokoh masyarakat, Senin (31/1) , menyampaikan bahwa para tokoh adat tersebut sangat mengapresiasi dan antusias dengan pembangunan IKN di Kaltim.
 "Alhamdulillah baru saja selesai ya pertemuan Bapak Presiden dengan tokoh adat masyarakat Kalimantan Timur dan tadi sama-sama kita dengarkan pertama bahwa tokoh masyarakat adat Kalimantan Timur sangat antusias dan mendukung penuh pembangunan IKN," ujar Taufik Hanafi.

Di Waktu yang sama, Sultan Kutai Kartanegara, Muhammad Arifin pun sangat menyambut baik dibangunnya IKN di Kalimantan Timur. "Kami atas nama Sultan Kutai Kartanegara mendukung penuh 100 persen diadakannya pembangunan IKN saat ini," ujarnya.
Selain mendukung penuh pembangunan IKN, kata Taufik, para tokoh tersebut juga memberikan berbagai masukan penting khususnya terkait aspek budaya dalam pengembangan IKN.

"Tentu ada masukan-masukan yang sangat berharga, mulai dari pentingnya memperhatikan kearifan lokal, penguatan SDM, dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah aspek budaya yang ini terus akan diperhatikan dan ditingkatkan di dalam pengembangan IKN mendatang," kata Taufik.

Perpindahan ibu kota negara (IKN) baru di Kaltim sebagai wujud nyata dalam pemerataan pembangunan di NKRI. Artinya, akan ada akselerasi antara pembangunan di Kaltim dengan luar Kaltim, baik wilayah Kalimantan maupun Sulawesi, Sumatera hingga Papua. Khususnya wilayah Indonesia timur.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyelenggarakan pertemuan dengan berbagai tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada hari Senin, (31/1/2022).  

Agenda yang dibahas  dalam pertemuan tersebut yaitu  Presiden Joko Widodo mendengarkan beberapa masukan mengenai penguatan sumber daya manusia (SDM) hingga aspek budaya.
 "Bertemu para tokoh masyarakat dan adat Kaltim di Balikpapan, kemarin, mendengar masukan dan aspirasi terkait pembangunan ibu kota negara, dari soal kearifan lokal, penguatan SDM, sampai aspek budaya," ujar Jokowi dikutip dari akun Twitternya, Selasa (1/2/2022).

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut