get app
inews
Aa Read Next : Khasiat Tanaman Patikan Kerbau dapat Atasi Penyakit Kronis 

Manfaat Bunga Kitolod untuk Kesehatan dapat Atasi Katarak

Minggu, 20 Februari 2022 | 08:15 WIB
header img
Tanaman Kitolod dapat Atasi Berbagai Penyakit (Foto: Pinterest)

Tanaman Kitolod merupakan salah satu gulma yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Tanaman berbunga putih ini mengandung senyawa yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Senyawa tersebut antara lain polifenol, flavoida dan alkaloid (isotomin, lobelamin dan lobelin). 

Kitolod telah digunakan untuk penyembuhan sejak jaman dahulu. Namun, memiliki banyak kegunaan, getah tanaman kitolod mengandung zat yang bersifat toksin bagi manusia. 

Dikutip dari rsjsoerojo berikut ini beberapa manfaat tanaman kitolod beserta cara konsumsinya:

1. Meringankan Sakit Gigi
Nyeri yang ditimbulkan oleh sakit gigi tentunya membuat penderitanya kurang nyaman melakukan aktivitas. Redakanlah sakit gigi dengan menempelkan daun kitolod yang sudah dihaluskan pada gigi yang terasa sakit. Cara ini hanya untuk meringankan rasa nyeri sehingga Anda harus tetap melakukan penambalan atau pencabutan gigi untuk menyembuhkan secara total.

2. Meredakan Radang Tenggorokan
Orang yang mengalami radang tenggorokan biasanya juga merasakan demam. Selain itu juga disertai dengan rasa tidak nyaman akibat sukar menelan makanan. Hal ini dapat diatasi dengan cara meminum rebusan daun kitolod. Rebuslah 2-3 daun kitolod lalu disaring. Air rebusan tersebut diminum sebanyak 2 kali sehari.

3. Meringankan Epilepsi
Penyakit ini disebabkan oleh adanya gangguan pada sel saraf. Penyakit ini menyebabkan tubuh penderita mengalami kejang-kejang tanpa bisa dikendalikan gerakannya. Perlu terapi khusus untuk menyembuhkan penderita secara total dari penyakit menahun ini. Daun kitolod bisa menjadi alternatif untuk meringankan penyakit ini.

4. Mengeringkan Luka Ringan
Daun kitolod berperan sebagai antibiotik alami yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pengeringan luka. Anda dapat mengambil manfaat daun kitolod dengan menumbuknya lalu menempelkan pada kulit yang terluka. Sebaiknya pengobatan dengan daun kitolod digunakan untuk luka yang tidak terlalu dalam. Penggunaan daun kitolod pada luka yang dalam dikhawatirkan dapat menimbulkan infeksi.

5. Menyembuhkan Bronkhitis
Bronkhitis smerupakan penyakit penyempitan saluran pernafasan. Biasanya penyakit ini dialami oleh perokok, orang yang alergi ataupun faktor genetik. Penyakit ini dapat diredakan dengan cara meminum rebusan daun kitolod secara rutin. Selain itu, bagi pengidap bronkhitis karena alergi juga sebaiknya dibersamai dengan menghindari penyebab alergi.

6. Menyembuhkan Katarak
Penyakit mata satu ini biasanya dialami oleh lansia ataupun orang yang sering terpapar matahari langsung. Adanya penyakit ini ditandai dengan munculnya lapisan keruh pada lensa mata yang mempengaruhi pandangan. Ambillah daun kitolod, peras hingga keluar sarinya. Lalu campurkan dengan air bersih. Teteskan campuran tersebut pada mata yang mengalami katarak. Minumlah dengan rutin agar manfaat daun kitolod dapat terasa.

7. Memperlambat Penuaan
Penuaan ini menjadi momok mengerikan, khususnya bagi kaum perempuan. Penuaan dini dapat disebabkan oleh adanya radikal bebas yang kini semakin banyak. Penuaan dini dapat menyebabkan kulit keriput dan kusam. Radikal bebas dapat ditangkal oleh flavonoid yang ada pada daun kitolod. Dengan meminum ramuan daun kitolod secara rutin, Anda bisa terbebas dari penuaan dini.
 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut