Dikutip dari Kajian Habib Muhammad bin Fauzi bin Ahmad bin Yahya Cirebon, "Syafa'ati tablughu ila Safuro ", ujar Habib Umar ibn Abdurrahman al-Attas, Shahibul Ratib al-Attas (penyusun ratib al-Attas) suatu hari ('syafaat'ku akan sampai ke Safuro).
Murid-murid beliau cuma mencatat taushiah itu tanpa mampu memahami makna kata SAFURO yang beliau ucapkan. Setelah lebih dari 400 tahun berlalu, barulah orang-orang mengetahui apa itu SAPURO: sebuah komplek pemakaman nun jauh di kawasan pantura pulau Jawa tempat salah satu dzuriyah (keturunan) beliau dimakamkan, di kota Pekalongan, Jawa Tengah.
Masya Allah, ternyata memang makam sapuro sudah mendapat karomah dari beliau Habib Umar ibn Abdurrahman al-Attas, sekitar 400 tahun yang lalu.
Habib Ahmad Bin Abdullah Bin Thalib Alattas, Beliau dilahirkan di kota Hajren, Hadramaut, pada tahun 1255 H. Pada masa kecilnya, beliau mendapat didikan langsung dari orang tuanya beliau adalah Al-Habib Abdullah bin Thalib al-Attas dan asy-Syarifah Zaenah Binti Ahmad AlKaf dalam bidang agama. Setelah dirasakan cukup menimba ilmu dari ayahnya, beliau kemudian meneruskan menuntut ilmu kepada para ulama besar yang ada di Hadramaut.
Diantara para guru beliau adalah :
Al-Habib Hasan bin Ali Alkaff
Al-Habib Abdurrahman bin Ahmad Al-Kaff
Al-Habib Al-Quthb Sholeh bin Abdullah Alatas
Al-Habib Al-Quthb Abubakar bin Abdullah Alatas
Al-Habib Al-Quthb Thahir bin Umar Alhaddad
Al-Habib Al-Quthb Idrus bin Umar Alhabsyi
Al-Habib Ahmad bin Hasan bin Sholeh Al-Bahar
Al-Habib Ahmad bin Muhammad Al-Muhdhar,
Al-Habib Muhammad bin Ibrahim Bilfagih
Setelah ditempa oleh para ulama besar bahkan para Quthb yang ada di Hadramaut saat itu, keinginan beliau untuk menuntut ilmu seakan tak pernah luntur dan pupus. Hasrat beliau untuk menambah ilmu sedemikian hebat, sehingga untuk itu beliau kemudian melakukan perjalanan ke kota Makkah.
Beliau banyak menjumpai ulama-ulama besar yang tinggal di kota Makkah saat itu. Kesempatan baik ini tak beliau sia-siakan. Beliau berguru kepada mereka. Diantara ulama-ulama besar yang menjadi guru beliau disana adalah :
al-Quthb Aqthab As-Sayyid Al-Allamah Ahmad bin Zaini Dahlan, Mufti Makkah saat itu.
Al-Habib Abdullah bin Muhammad Alhabsyi
Asy-Syaikh Muhammad bin Said Babusailah
Al-Habib Salim bin Ahmad Alatas
Beliau Al-Habib Ahmad dengan giat dan tekun mengambil ilmu dari mereka. Sehingga tak terasa sudah 12 tahun beliau jalani untuk menimba ilmu disana. Beliau terus mengembangkan keilmuannya, sehingga kapasitas beliau sebagai seorang ulama diakui oleh para ulama kota Makkah saat itu.
Beliau kemudian dianjurkan oleh guru beliau, As-Sayyid Al-Allamah Ahmad bin Zaini Dahlan, untuk memulai terjun ke masyarakat, mengajarkan ilmu dan berdakwah. Mula-mula beliau berdakwah di pinggiran kota Makkah.
Beliau tinggal disana selama 7 tahun. Dalam kurun waktu itu, kegiatan dakwah selalu aktif beliau lakukan disana. Kemudian beliau berkeinginan untuk melanjutkan perjalanan dakwah beliau ke Indonesia. Beliau sampai disini diperkirakan sekitar tahun 1295-1300 H. Setibanya beliau di Indonesia, beliau menuju ke kota Pekalongan dan menetap disana.
Saat pertama menginjakkan kakinya di kota Pekalongan, Habib Ahmad melaksanakan tugas sebagai imam Masjid Wakaf yang terletak di Kampung Arab (kini Jl Surabaya). Kemudian ia membangun dan memperluas masjid tersebut.
Di samping menjadi imam, di masjid ini Habib Ahmad mengajar membaca Alquran dan kitab-kitab Islami, serta memakmurkan masjid dengan bacaan Daiba’i, Barjanzi, wirid dan hizib di waktu-waktu tertentu, sehingga semakin marak jama’ah Masjid Wakaf sejak kehadiran Habib Ahmad. Beliau juga dikenal sebagai hafidz (penghapal Alquran). Selain itu, ilmu beliau selalu tampak bercahaya, terpancar melalui akhlak beliau yang mulia.
Beliau selalu berperilaku baik, penyayang dan lemah lembut terhadap sesama. Akan tetapi itupun tidak meniadakan sikap beliau yang selalu ber-nahi mungkar. Jika beliau melihat seseorang yang melakukan suatu kemungkaran, beliau tidak segan-segan untuk menegurnya. Perkataan-perkataan yang keluar dari mulut beliau, selalu beliau ucapkan dengan shidq. Beliau tidak perduli terhadap siapapun jika ada hak-hak Allah yang dilanggar di hadapan beliau. Sehingga berkat beliau, izzul Islam wal Muslimin tampak terang benderang, menyinari kota Pekalongan.
Melihat suasana pendidikan agama waktu itu yang sangat sederhana, maka Habib Ahmad tergerak untuk mendirikan Madrasah Salafiyah, yang letaknya berseberangan dengan Masjid Wakaf. Begitu pesatnya kemajuan Madrasah Salafiyah waktu itu, hingga banyak menghasilkan ulama-ulama. Madrasah ini, yang didirikan lebih sekitar satu abad lalu, menurut Habib Abdullah Bagir, merupakan perintis sekolah-sekolah Islam modern, yang kemudian berkembang di kota-kota lain.
Dalam amaliyah keseharian, sebagaimana yang ditulis dalam kitab “Taj Al-A’ras” karya al-Habib al-Quthb Ali Bin Husein al-Attas diceritakan, Habib Ahmad tidak pernah meninggalkan sholat tahajud setiap harinya dan didalamnya selalu membaca satu juz Al Qur’an dan satu juz lagi dibaca saat sholat dhuha. Membaca ratib yang disusun Habib Umar Bin Abdurrahman Alatas dan membaca wirid karangan habib Abdullah Al Haddad adalah pekerjaan setiap pagi dan sore Habib Ahmad.
Menurut Habib Abdullah Bagir yang merupakan cicit yang juga melanjutkan dakwah Habib Ahmad, kakeknya ibarat Khalifah Ali b abi Tholib, yang tegas-tegas menentang setiap melihat kemungkaran. Tidak peduli yang melakukannya itu orang awam atau pejabat tinggi.
Beliau dikenal sebagai orang yang sangat wara dan zuhud. Beliau terpelihara dengan peliharaan yang agung, terjaga dengan penjagaan yang sempurna, sehingga tidak masuk pada dirinya sesuatu yang dapat mengotorinya. Jika akan datang sesuatu itu kepadanya, beliau mendapatkan penjelasan-penjelasan ilahiyah : mengetahuinya atau diberi tahu baik dalam keadaan terjaga maupun tidur. Demi kehati-hatian pula beliau tak mau menerima sesuatu dari seseorang kecuali dari orang yang baik pergaulannya dan benar niatnya.
Selama bertahun-tahun beliau tinggal dalam kehidupan yang susah, makan makanan yang sangat sederhana dan tidak ingin bersenang-senang menikmati kehidupan kecuali sekedar untuk menopang kebutuhan hidup. Suatu ketika beliau menitipkan uang dalam jumlah yang besar kepada seseorang, kemudian uang itu hilang semuanya, ketika diberi tahu beliau hanya tertawa sedikitpun tidak menunjukkan perubahan dan sama sekali tidak terpengaruh dengan kejadian itu.
Beliau juga tidak suka bergurau baik dalam perbuatan maupun ucapan dan selalu menghindari gurauan dalam semua majelisnya, sehingga yang ada didalam majelisnya hanyalah kesungguh-sungguhan. Aib orang tidak pernah disebut dalam majelisnya, dan tidak ada pelanggaran terhadap hal-hal yang dilarang, majelisnya sepenuhnya merupakan majelis ilmu, petunjuk, dzikir, peringatan, dan da’wah.
Hatinya yang jernih membuatnya diberikan anugerah dapat memberitakan hal-hal yang ghaib. Beliau memiliki karamah-karamah yang besar yang menguatkan usahanya yang mulia untuk meraih keridhoan Allah SWT, namun beliau tidak mau membicarakannya sedikit pun.
Pada suatu hari karena suatu urusan seorang pencintanya dimasukan ke penjara, kemudian beliau diberi tahu, ‘fulan pencinta Habib ditahan, semoga Allah membebaskannya.” Mendengar itu beliau berkata,’hari ini ia akan makan siang bersama kita!”. Ketika jamuan makan siang dihidangkan hari itu, ternyata pencintanya itu benar-benar datang, makan siang bersama mereka karena telah bebas dari penjara.
Orang mengenal beliau sebagai sosok yang bagus ahklaknya, mulia perangainya, penyayang, dan belas kasih kepada sesama. Beliau orang yang baik dalam bersahabat, menyenangkan dalam bergaul dan tidak mengerjakan atau mengucapkan sesuatu kecuali yang diizinkan oleh syara’. Namun apabila larangan-larangan Allah dilanggar beliau sangat marah dan marahnya belum reda sampai beliau dapat mengubah kemungkaran itu dengan tangannya.
Habib Ahmad yang kegiatan sehari-hari lebih banyak di Masjid Wakaf, Jl Surabaya, pada akhir hayatnya mengalami patah tulang pada pangkal pahanya, akibat jatuh, hingga tidak dapat berjalan. Sejak itu ia mengalihkan kegiatannya di kediamannya, termasuk shalat berjamaah dan pengajian.
Ketika telah sempurna waktu yang dibatasi baginya dalam kehidupan dunia dan telah sampai puncak keinginan, beliau pun rindu pada alam malakut yang tertinggi, beliau menderita demam. Ketika berada dalam sakitnya beliau tenggelam dalam arus lautan makrifattullah, terkadang beliau mengatakan “Ash-shalah ash-shalah (shalat,shalat), dekatkanlah air wudhuku.”Itu berlangsung selama 20 hari 20 malam, hingga ruhnya berpisah dengan jasadnya yang suci pada malam ahad tanggal 24 Rajab tahun 1347 Hijriyah (6 januari 1929) Inna lillahi wa ilaihi raji’un, dalam usia 92 tahun, dan dimakamkan di pekuburan Sapuro, Kota Pekalongan.
Namun peringatan khaulnya diselenggarakan setiap tanggal 14 Sya’ban, bersamaan dengan malam Nifsu Syaban, yang tiap tahun dihadiri ribuan orang, tidak jarang dari luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Masyarakat berbondong-bondong mengiringi kepergian beliau menghadap Allah. Derai keharuan sangat terasa, membawa suasana syahdu.
Nasab beliau yang mulia adalah
Al Habib Ahmad bin Abdullah bin Tholib bin Ali bin Hasan bin Ali (shohib Mashad) bin Hasan bin Abdullah bin Al-Quthb Husain bin Al Quthb Anfas Al Habib Umar bin Abdurrohman Al Aththas bin ‘Aqil bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman as-Seqqaf bin Muhammad maulad dawilah bin Ali maulad dark bin Alwy al-Ghayyur bin Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad shahib marbath bin Alwy khali’ qatsam bin Alwy bin Muhammad bin Alwy Ba’Alawy bin Ubaidullah bin Ahmad al-Muhajir bin Isa ar-Rumi bin Muhammad an-naqib bin Ali al-uraidhi bin Ja’far Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Imam Husein as-sibth bin Ali bin Abi Thalib ibin Sayidatina Fatimah az-Zahra binti Rasulullah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib SAW.
[Disarikan dari Ulama Pembawa Islam di Indonesia dan Sekitarnya, Muhammad Syamsu Assegaf dan dari berbagai sumber lainnya]
Editor : Hadi Widodo