get app
inews
Aa Read Next : Update Gempa Cianjur: 44 Orang Meninggal, Ratusan Korban Berjubel di Area Parkir Rumah Sakit

Info BMKG : Suhu Jakarta Naik 1,5 Derajat Celcius, Cuaca Ekstrem Kian Terasa!

Selasa, 22 Maret 2022 | 10:55 WIB
header img
Ilustrasi

JAKARTA - Cuaca ekstrem makin terasa dimana suhu di wilayah Jakarta meningkat 1,5 derajat Celcius menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Hal tersebut disampaikannya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI di Gedung Parlemen Senayan Jakarta pada Senin (21/3/2022).

"Jakarta dalam periode 100 tahun suhu udara sudah meningkat 1,5 derajat celsius, padahal seharusnya kenaikan suhu sebesar itu terjadi pada 2030," jelas Dwikorita Karnawati.

Selain persoalan banjir yang meningkat, adapula kenaikan suhu udara akibat pemanasan global yang seharusnya terjadi di 2030.

Ia menyebutkan kenaikan suhu udara tersebut tidak hanya terjadi di DKI Jakarta saja melainkan merata di hampir semua provinsi di Indonesia. 

"Saat ini di beberapa wilayah sudah meningkat suhu udaranya 1 derajat Celcius, dan ada yang di bawah 1 derajat Celcius," kata Dwikorita Karnawati.

Sedangkan intensitas hujan yang meningkat akibat cuaca ekstrim di Jakarta juga diprediksi akan terus meningkat.

"Hujan ekstrim meningkat di beberapa wilayah, di DKI pada 2020 mencapai 377 mm per hari, di DIY di 2017 mencapai 364 mm dalam satu hari. Dan di Kalimantan Selatan mencapai 270 mm," ujar Dwikorita Karnawati.

Banjir yang disebabkan curah hujan tinggi ini juga disebutkan BMKG semakin bertambah kandungan asam PH dalam air hujannya.

"Banjir di Jakarta, menunjukkan data frekuensi banjir meningkat pada dekade terakhir bersamaan dengan curah hujan ekstrim. Hujan yang terjadi 700 tahunan menjadi hujan 100 tahunan atau ada peningkatan 7 kali lipat. Air hujan yang turun juga semakin asam pH nya," ungkap Dwikorita Karnawati. 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut