get app
inews
Aa Read Next : Jangan Sepelekan! ini Lima Penyebab Tenaga Mobil jadi Loyo

Begini Cara Merawat Mobil yang Sering Parkir di Bawah Matahari Langsung

Sabtu, 26 Maret 2022 | 05:15 WIB
header img
Ilustrasi

Bagi Anda yang sering memarkirkan mobil dibawah terik matahari langsung, berikut perawatannya agar mobil tetap tampil prima. 

Kondisi seperti ini dapat berdampak buruk pada interior dan eksterior, terutama bagi mobil yang berada di bawah sinar matahari langsung, bahkan jika di dalam kabin suhunya bisa mencapai 70 derajat celcius.

Selain lama kelamaan dapat merusak bagian mobil seperti cat, dan interiornya, suhu terik di siang hari mencapai 35 derajat dan dalam waktu sekian jam juga bisa membuat kabin mobil panasnya seperti oven.

Dari sini muncul anggapan bahwa agar kabin mobil tidak panas maka harus dibuat sirkulasi udara yang baik, salah satunya adalah dengan membuka sedikit kaca jendela pada mobil ketika diparkir.

Bisa dengan membuka kira-kira 1-2 cm saja supaya tidak ada hawa panas yang terperangkap, dan secara teknis, ini memang dapat mengurangi suhu tinggi di dalam kabin mobil.

Tapi untuk melakukan cara ini tentu akan berisiko jika tempat parkirnya tidak aman. Mobil bisa saja kemasukan benda asing atau barang yang ada di dalam mobil atau bahkan mobilnya sendiri bisa juga dicuri orang.

Untuk itu cara ini tidak bisa dilakukan di semua tempat. Namun jika memang memungkinkan, selalu periksa dan pastikan kembali jangan sampai kalian meninggalkan barang berharga di dalam mobil.

Cara yang lebih sederhana dan bisa dilakukan disegala tempat adalah dengan menggunakan tirai sun screen di kaca mobil. Posisinya harus terpasang di kaca depan dan belakang mobil, termasuk jendela.

Selain untuk mencegah sinar matahari masuk ke dalam mobil dan dapat membantu menurunkan suhu di dalam mobil, penggunaan tirai sun screen juga dapat mencegah interior tak ikut rusak.

Cara ini jauh lebih aman dibanding dengan membuka sedikit jendela mobil. Kalian juga bisa membiarkan pintu mobil terbuka di kedua sisi selama beberapa waktu ketika kalian kembali ke mobil untuk mempercepat pendinginan suhu mobil.

Angin sejuk akan mengalir melalui mobil menggantikan udara panas dan membantu menurunkan suhu di dalam kabin. Cara ini dapat mengurangi beban kerja AC supaya tidak dipaksa bekerja berat mendinginkan kabin.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut