get app
inews
Aa Read Next : Capaian Vaksin Booster di Kota Pekalongan Rendah

Apakah Aman Mandi Setelah Vaksin Booster? Ini Jawabannya

Selasa, 12 April 2022 | 09:21 WIB
header img
Ilustrasi

Hal yang menjadi pertanyaan tentang vaksin booster adalah terkait boleh atau tidaknya setelah vaksin booster langsung mandi?

Di sentra vaksinasi Covid-19, ada seorang pria bertanya ke tenaga kesehatan yang baru saja menyuntikkan vaksin Covid-19 ke tubuhnya.

"Apa saya boleh langsung mandi habis disuntik?" tanya seorang pria.

Dokter Spesialis Anak dr Robert Soetandio, Sp.A menjelaskan, orang yang baru saja menerima vaksin Covid-19, sangat boleh langsung mandi.

"Boleh banget," kata dr Robert melalui pesan singkat menjawab persoalan mandi setelah vaksinasi Covid-19.

Pertanyaan yang diajukan si pria itu menurut akun Instagram @novieziach_ mungkin ada kaitannya dengan mitos yang beredar di masyarakat.

"Ada mitos bahwa anak bayi yang sudah diimunisasi itu enggak boleh dimandiin dulu, ceunah. Mungkin si bapak inget kata-kata istrinya," kata si netizen.

Dokter Robert pun mengklarifikasi bahwa hal itu benar mitos dan ada baiknya tidak dipercaya sebagai informasi medis. "Itu mitos, ya," terangnya.

Pemerintah saat ini masih menggalakkan vaksin booster. Vaksinasi booster dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat kekebalan dan memperpanjang masa perlindungan dari vaksinasi primer. Bahkan vaksin booster dijadikan syarat untuk mudik lebaran.

 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut