get app
inews
Aa Read Next : Waduh! Puluhan Perusahaan Ini PHK Karyawan di Awal 2023

Bank Terbaik di Indonesia versi Forbes

Rabu, 11 Mei 2022 | 09:53 WIB
header img
Ilustrasi (sumber: okezone.com)

Menyimpan uang di bank, bagi sebagian orang itu merupakan cara termudah dan praktis untuk menyelamatkan aset pribadi. Tapi, tidak semua bank bisa menjamin keamanan aset kita. Untuk itu, perlu usaha mencari informasi mengenai kondisi bank-bank tersebut.

Majalah Forbes, pada bulan lalu merilis daftar nama bank terbaik di dunia. Dalam rilis yang diberi tajuk World’s Best Banks 2022, majalah bisnis bergengsi ini mengungkapkan, metode yang digunakan dalam pemeringkatan bank terbaik sedunia ini melibatkan 45.000 pelanggan dari 27 negara sebagai responden. "Bank-bank tersebut dinilai berdasarkan kepuasan umum serta metrik utama seperti kepercayaan, biaya, layanan digital, dan saran keuangan," tulis Forbes dalam rilisnya, Sabtu (16/4).

Secara khusus, majalah yang didirikan sejak tahun 1917 ini juga merilis pemeringkatan 20 bank terbaik untuk Indonesia. Urutan pertama diduduki oleh bank swasta terbesar di Indonesia, BCA. Forbes menyebut, jumlah pegawai BCA sekitar 24.603 orang.

Dikabarkan pula, pada kuartal I 2022, laba bersih yang dicapai bank yang kini dimiliki pengusaha rokok Djarum ini sebesar Rp 8,1 triliun, dengan pertumbuhan 14,6 persen secara tahunan (yoy). Peningkatan laba bersih tersebut didukung oleh pertumbuhan bisnis, antara lain peningkatan aktivitas kredit, transaksi, dan CASA. Seiring pemulihan perekonomian nasional, total kredit naik 8,6 persen (yoy). Pertumbuhan kredit terjadi di semua segmen, baik kredit untuk bisnis maupun konsumsi.

Secara keseluruhan, dana pihak ketiga naik 17,5 persen (yoy) menjadi Rp 997,8 triliun. Hal ini pun turut mendorong total aset BCA naik 15,5 persen (yoy) menjadi Rp 1.259,4 triliun di akhir Maret 2022.

Sementara itu, menyusul di urutan berikutnya DBS, perbankan asal Singapura. Urutan ketiga, diduduki bank pelat merah, Bank Mandiri. Posisi keempat, United Overseas Bank. Di urutan kelima Bank Syariah Indonesia.

Berikut daftar bank terbaik tahun 2022 di Indonesia versi Forbes:

1. Bank Central Asia
2. DBS
3. Bank Mandiri
4. United Overseas Bank
5. Bank Syariah Indonesia
6. Citibank
7. Bank Jago
8. BCA Syariah
9. HSBC Holdings
10. Bank Negara Indonesia
11. Panin Bank
12. Bank Rakyat Indonesia
13. BNC
14. Maybank
15. Bank DKI
16. OCBC NISP
17. CIMB Niaga
18. Bank Permata
19. Jenius
20. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN)

Editor : Ribut Achwandi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut