DINAS Koperasi UMKM, Tenaga Kerja Papua telah mempersiapkan Kopi Paniai sebagai produk unggulan yang akan di pamerkan pada kegiatan presidensi G20.
Acara bertaraf internasional itu juga jadi kesempatan untuk mempromosikan berbagai produk unggulan nusantara, termasuk kopi. Ditanam 1.300-2.000 meter di atas permukaan laut (dpl) Kopi paniai bercitarasa ringan dengan tingkat keasaman yang halus, aroma bunga dan hampir tak ada rasa pahit
“Pemerintah Papua mendapat tugas memasarkan produk Papua yakni Kopi Papua dan beberapa produk unggulan lainnya,” kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Papua Omah Laduani Ladamay.
Menurut Laduani, kopi Papua memiliki cita rasa dan aroma yang unik. Kopi itu berada di ketinggian yang tidak dimiliki oleh daerah lain yang mana proses penanamannya rata-rata, yakni 1.300-2.000 meter di atas permukaan laut (dpl) lebih sehingga mempunyai khas tersendiri.
Petani kopi di Paniai menggunakan bibit yang berasal dari pegunungan Blue Mountains Jamaika sehingga menghasilkan cita rasa yang ringan dengan tingkat keasaman yang halus, aroma bunga dan hampir tak ada rasa pahit dalam setiap tegukan kopi.
Pemasaran akan mulai pada Juni di lokasi yang telah disiapkan pemerintah di Nusa Dua untuk promosi produk-produk unggulan hingga hari puncaknya kegiatan Presidensi G20 November.
"Estimasi kami akan siapkan satu kontainer kopi Paniai dengan membawa beberapa komunitas yang memiliki kualitas maupun kuantitas yang baik,” kata Laduani.
Editor : Hadi Widodo