Harga Energi terus Melejit, AS akan Lepaskan 45 Juta Barel Minyak dari Cadangan Strategis

Hadi Widodo
Harga Energi terus Melejit, AS akan Lepaskan 45 Juta Barel Minyak dari Cadangan Strategis (Foto: Okezone)

Adapun pengiriman pertama untuk minyak mentah dari Pemberitahuan Penjualan keempat untuk minyak mentah dari SPR dijadwalkan mulai berlangsung pada 16 Agustus hingga 30 September. Departemen Energi AS akan memberikan kontrak kepada perusahaan dengan penawaran terbaik selambat-lambatnya pada 8 Juli.

Departemen Energi AS sebelumnya juga mengumumkan, pemerintahan Biden berencana untuk mencapai setengah dari pelepasan yang ditargetkan, yakni sebanyak 90 juta barel, pada akhir Agustus nanti. Kekurangan ekspor minyak mentah karena sanksi kolektif Barat terhadap Rusia telah menyebabkan rekor harga solar dan bensin yang tinggi di AS.

Penutupan beberapa kilang selama puncak pandemi virus corona pun telah mengurangi kapasitas penyulingan minyak di negeri Paman Sam, sehingga semakin menambah masalah di sana.

Untuk meringankan situasi pasokan BBM yang rumit itu, pemerintahan Biden telah melepaskan minyak dari SPR secara bertahap sejak November. Antara akhir Februari dan April, Washington DC telah mengambil rata-rata 3 juta barel dari SPR setiap pekan untuk membantu memenuhi permintaan penyulingan domestik.

Saat ini, harga bensin telah mencapai rekor tertinggi lebih dari 5 dolar AS per galon di stasiun pengisian bahan bakar. Sementara harga solar juga mencapai puncaknya sepanjang sejarah AS, yakni di atas 6 dolar per galon.  Biden menuduh perusahaan-perusahaan energi telah memainkan harga. Presiden AS itu juga menyalahkan Presiden Rusia Vladimir Putin dan krisis Ukraina atas inflasi tertinggi di AS dalam 40 tahun terakhir.

Editor : Hadi Widodo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network