Begini Cara Membuat Bumbu Oles Sate Kambing biar Enak

Nanang Sulaeman
Begini Cara Membuat Bumbu Oles Sate Kambing biar Enak (Foto: Freepic)

JAKARTA, iNews.id - Sate kambing sudah menjadi menu favorit yang biasa dihidangkan  saat hari raya Idul Adha dan ternyata membuat bumbu sate kambing sebelum dibakar tidak terlalu sulit.  Siapapun bisa meraciknya sendiri di rumah. Anda bisa memilih menggunakan saus kecap dan juga saus kacang.

Daging kambing bukan sekadar nikmat tetapi juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Pasalnya, daging kambing termasuk dalam golongan daging merah yang memiliki kandungan protein, vitamin B, asam amino, dan mineral.

Selain itu, ada manfaat lain yang dibawa oleh daging kambing yakni mencegah serta mengatasi amenia. Mineral zat besi dari daging kambing mampu menghasilkan hemoglobin dan sel darah merah.

Daging kambing juga bisa mendukung pembentukan massa otot karena terdapat kandungan protein atau asam amino yang baik.

Nah, setelah mengetahuinya, Anda bisa membuat bumbu sate kambing. Bahan yang diperlukan cukup sederhana. Cukup menggunakan tiga bahan yang terdiri dari bawang putih, ketumbar dan sedikit gula pasir. Semua itu dihaluskan dan dijadikan sebagai bumbu marinasi daging.

Selain itu ada pula bumbu yang dioleskan saat proses pembakaran sate kambing berlangsungseperti Dirangkum melalui Instagram @byviszaj, Jumat (8/7/2022)..

Adapun bahan-bahan tersebut dan resep membuat bumbu sate kambing sebelum dibakar: 

Bahan:

500gr daging kambing muda

Tusukan sate

4-5 sdm Kecap manis

1 sdt Lada bubuk

Siapkan piring untuk tambahan bumbu kecap + lada (pada saat membakar)

Cara membuat:

1. Bersihkan daging dari lapisan putih yang menempel pada daging. Potong-potong kotak daging kambing.

2. Taruh daging di piring datar. Tuang kecap manis dan beri sedikit lada bubuk. Aduk rata daging dan kecap, diamkan selama 1 jam agar meresap.

3. Tusukkan daging pada tusukan sate, bakar setengah matang, balikkan sate ke piring bumbu kecap, bumbui lagi dan bakar kembali sampai matang.

Pelengkap: 

Nasi Putih

Sambal kecap (kecap+lada+potongan tomat, bawang merah, cabai rawit)

Tomat

Kol iris

Bawang merah iris

Ekstra cabai rawit

Tips:

1. Pakai daging kambing muda, kalau kira-kira daging kambing tidak empuk, sebelum diberi bumbu bisa dibungkus daun pepaya terlebih dahulu biar daging lebih empuk nantinya.

2. Bersihkan daging dari lapisan putih yang biasanya menyelimuti daging kambing, karena kalau masih ada lapisannya pasti jadi agak keras.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network