Begini Kondisi Sperma Kosong yang Jarang Pria Tahu

Hadi Widodo
Ilustrasi (Foto: Okezone)

TAHUKAH ANDA sperma kosong?. Sperma kosong atau azoospermia termasuk kondisi yang jarang diketahui dan tidak disadari oleh pria. Sebab, kondisi ini tak terdeteksi secara langsung melalui tanda-tanda fisik.

Dikutip dari clevelandclinic, azoospermia merupakan kondisi tidak adanya sperma yang terukur dalam ejakulasi atau air mani pria. Masalah kesuburan pada pria ini diketahui dari sekitar 10 persen kasus kemandulan atau infertilitas pada pria, setidaknya ada 1 persen dari kasus tersebut disebabkan oleh kondisi ini.

Secara umum terdapat dua jenis kondisi azoospermia, yakni azoospermia obstruktif adalah kondisi terdapat penyumbatan di epididimis, vas deferens, atau di tempat lain di sepanjang saluran reproduksi pria. Kondisi ini menyebabkan produksi sperma terhalang sehingga tidak ada jumlah sperma yang terukur dalam ejakulasi.

Lalu, azoospermia non obstruktif adalah kondisi produksi sperma yang buruk atau tidak ada sama sekali karena cacat pada struktur atau fungsi testis atau penyebab lainnya.

Meski umumnya tidak bergejala, pria yang mengalami azoospermia lantaran kondisi tertentu juga bisa mengalami beberapa gejala berikut ini yakni gairah seks menurun, volume air mani sedikit, disfungsi ereksi, bengkak, lalu nyeri di bagian pinggul.

Adapun penyebab terjadinya sperma kosong adalah terjadi infeksi, peradangan, operasi di daerah panggul, adanya perkembangan kista.

Pengobatan azoospermia tergantung pada penyebabnya. Salah satunya, operasi dapat menjadi jalan terbaik jika penyebabnya adalah penyumbatan. Cara ini dilakukan untuk membuka blokir tabung atau merekonstruksi dan menghubungkan tabung abnormal pada testis.

Jika produksi hormon rendah adalah penyebab utama, maka pengobatan yang tepat adalah pemberian perawatan hormon. Hormon termasuk hormon perangsang folikel (FSH), human chorionic gonadotropin (HCG), clomiphene, anastrozole dan letrozole.

Lalu, azoospermia disebabkan oleh varikokel maka perlu prosedur pembedahan untuk menjaga struktur di sekitarnya.

Demikian pemahaman pengertian sperma kosong atau azoospermia yang wajib diketahui para pria.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network