6 Pengusaha Sukses Indonesia Lulusan Luar Negeri , Nomor 2 dan 6 Jadi Menterinya Jokowi

Nanang Sulaeman
6 Pengusaha Sukses Indonesia Lulusan Luar Negeri , Nomor 2 dan 6 Jadi Menterinya Jokowi (Foto: Okezone)


Pengusaha sukses Indonesia dari lulusan luar negeri, ada banyak yang warga negara Indonesia yang berkuliah di luar negeri. Namun hanya sedikit yang berhasil, beberapa dari lulusan luar negeri ini begitu menginspirasi. Mereka berhasil mengenyam pendidikan di luar dan mengaplikasikan di Indonesia. 

Bahkan beberapa diantaranya berhasil menciptakan lapangan kerja dan membantu perekonomian Indonesia. Tidak heran beberapa dari mereka kemudian dipercaya menjadi pembantu Presiden atau Menteri untuk membangun Indonesia.

Berikut penjelasan 6 Pengusaha Sukses Indonesia Lulusan Luar Negeri   yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber. 

1. Daliana Suryawinata
Daliana Suryawinata merupakan satu-satunya arsitek perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar "100 Women to Watch in Architecture" pada penghargaan Architizer A+Awards. Ia merupakan pendiri Suryawinata-Heinzelmann Architecture & Urbanism (SHAU) yang dikenal sebagai kantor arsitektur yang kerap menerima penghargaan bergengsi level internasional.

Kantor Daliana tersebar di tiga kota di dunia yakni, Rotterdam di Belanda, Munich di Jerman, dan Jakarta di Indonesia. Ia juga membuat beberapa proyek hebat, salah satunya Microlibrary tersebut merupakan perpustakaan bermaterialkan kayu yang terpilih sebagai karya arsitektur terbaik untuk kategori Public and Landscape Architecture.
2. Erick Thohir
Erick Thohir, B.A., M.B.A. merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia ke-9. Sebelum menjabat menteri, ia merupakan pengusaha dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment.

Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (PT Mahaka Radio Integra Tbk), stasiun televisi (Jak TV), media luar ruang (Mahaka Advertising), media cetak (Harian Republika, Golf Digest), pemesanan dan penjualan tiket digital (Rajakarcis.com), dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.


Erick sendiri merupakan lulus program Master untuk Bisnis Administrasi (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat tahun 1993. Sebelumnya ia memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Arts) dari Glendale University.


3. Ferry Unardi
Ferry Unardi lahir di Lahir di Padang Sumatera Barat. Ia adalah salah satu pengusaha muda di Indonesia yang mendirikan perusahaan penjualan tiket online bernama Traveloka yang kala itu umurnya masih 23 tahun. 
Ferry disebut anak muda yang nekat dan sangat berani. Hal itu terbukti ketika ia memutuskan untuk kuliah di Harvard University Amerika Serikat selepas menamatkan pendidikannya di Sekolah Menengah Atas. Ia berangkat karena mendapatkan beasiswa akibat kecerdasannya.

Jiwa bisnis telah ada sejak remaja. Saat kuliah semester satu di Harvard, ia sudah mulai mencoba peruntungan dalam jual beli tiket pesawat terbang. 

4. Heni Sri Sundani
Perempuan asal Ciamis ini rela menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) untuk mengejar mimpi besarnya. Sembari bekerja ia berkuliah dan kembali ke Indonesia dan menggagas Gerakan Anak Petani Cerdas.

Ia merupakan lulusan St.Mary’s University, Hong Kong. Kini ia mendirikan AgroEdu dan menjadi salah satu distributor hasil tani ke luar negeri.

5. Jason Lamuda
Pengusaha sukses Indonesia dari lulusan luar negeri selanjutnya adalah Jason Lamuda. Ia dikenal sebagai pebisnis di bidang digital yang sukses dan mengawali karirnya dari perusahaan yang didirikannya sendiri. 

Lulusan Columbia University untuk jurusan Financial Engineering mengawali karirnya di McKinsey & Company sejak bulan Agustus 2008 dan bekerja selama dua tahun.

Bersama rekannya Ferry Tenka, Jason mendirikan Disdus sebagai awal karirnya di bisnis digital. Bisnis pertamanya ini berjalan dengan sukses, hingga pada akhirnya di tahun 2011, Groupun melakukan akuisisi pada Disdus. 
Setelah melepas Disdus ke tangan Groupon, Jason kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam membangun sebuah bisnis digital. Dengan kemampuannya yang baik, Jason mendirikan Berrybenka dan berkembang dengan sangat pesat dan mengalami pertumbuhan bisnis yang luar biasa.

6. Nadiem Makarim
Siapa yang tidak kenal dengannya, melansir wikipedia ia memiliki CV yang cukup baik lulus dan bekerja dari luar negeri hingga kini menjadi Menteri. 

Nadiem Anwar Makarim, B.A. M.B.A. merupakan seorang pengusaha berkebangsaan Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju. Ia merupakan pendiri Gojek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Nadiem menjalani proses pendidikan dasar hingga SMA berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. Sehabis menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Singapura, pada tahun 2002 ia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Universitas Brown, Amerika Serikat.

Nadiem sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics. Setelah memperoleh gelar sarjana pada tahun 2006, tiga tahun kemudian ia mengambil pascasarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network