Tembus Miliaran, Segini Biaya Bikin Bus Double Decker

Hadi Widodo
Tembus Miliaran, Segini Biaya Bikin Bus Double Decker (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPantura.id – Tembus Miliaran, segini biaya bikin bus double decker. Selain diminati, bus double decker dianggap lebih menguntungkan karena mampu mengangkut lebih banyak penumpang.

Sekali jalan bus double decker dapat mengangkut hingga 60 penumpang. Meski begitu, ada regulasi terkait bus double decker yang harus diperhatikan pemilik perusahaan otobus (PO).

Dimensi bus double decker tidak boleh lebih dari yang di yang telah ditentukan. Panjang bus 13,5 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 4,2 meter.

Umumnya, sebuah bus double decker terdiri dari beberapa kelas penumpang. PO bus biasanya menjadikan lantai bawah sebagai kelas premium yang memiliki sleeper seperti bus Rosalia Indah.

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin memiliki bus double decker adalah membeli sasis dan mesin bus di Agen Pemegang Merek (APM). Setelah itu, PO membawa mesin dan sasis tersebut ke perusahaan karoseri untuk dibuatkan bodi sekaligus interiornya.

Nah, agar tidak sekedar kagum dengan kemegahan dan kemewahan bus double decker, berikut biaya yang perlu disiapkan untuk membuat karoseri bus tingkat ini.

Diretur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan mengungkapkan, sasis bus tronton yang biasa diubah menjadi bus double decker mencapai Rp1,6-2 miliar bergantung merek dan teknologi yang dimiliki.

Pria yang akrab disapa Sani itu mengungkapkan, biaya pembuatan bodi bus berada di kisaran Rp850 juta. Biaya ini belum termasuk kursi dan AC. Umumnya PO membeli sendiri kursi dan AC bus dan pihak karoseri hanya memasang sesuai permintaan.

“Kalau sudah termasuk kursi dan AC bisa mencapai Rp1,5 miliaran, bergantung jenis kursi dan merek AC. Jadi, total bisa menghabiskan Rp3,5 miliaran untuk bus double decker,” ungkap Supervisor Finishing Adiputro, Yohan Setiawan saat dihubungi MNC Portal, Selasa (8/11/2022).

Rasanya tidak heran jika bus double decker ini begitu hit di kalangan pecinta bus dan penumpang. Karena biaya yang dikeluarkan lebih mahal dari bodi single deck dan bahkan untuk sleeper bus.

Biaya yang dikeluarkan untuk bus sleeper, kata Yohan, di kisaran Rp950 juta. Bus double decker jadi lebih mahal karena harga satu kursi bus bisa mencapai Rp1,5 juta untuk leg rest.

“Kalau sudah full electric dilengkapi TV, itu bisa lebih dari Rp2,5 juta. Belum lagi AC, harganya mulai dari Rp150 jutaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Brand And Marketing Communication Manager Karoseri Laksana Candra Dewi menuturkan, biaya pembuatan bus double decker tidak dapat diprediksi. Menurutnya, mahal atau murah bergantung pada permintaan konsumen.

“Untuk bodi saja di Laksana itu mulai dari Rp800 jutaan, di luar kursi, AC, aksesoris, dan sasis. Itu khusus untuk double decker, pembuatan sesuai dengan permintaan konsumen seperti apa,” jelasnya.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network