Kesbangpol: Politikus yang Beri Uang Jangan Dipilih

Kasirin Umar
Kesbangpol Kab Batang, Agung Wisnu Barata

Batang,iNewsPantura.id – Kesbangpol Batang menegaskan, politikus yang memberi uang jangan dipilih. Karena mereka memperlakukan manusia sebagai alatnya. Seolah-olah barang bisa dibeli. Dan masyarakat jangan berharap dan menuntut lebih kepada wakil rakyat, jika suaranya sudah dibeli.

Demikian ditegaskan Badan Kesbangpol Agung Wisnu Barata menyoroti demokrasi transaksional yang kini sudah menjadi budaya di masyarakat. ’’Saya minta kepada semua pihak agar dalam berpolitik, tetap memanusiakan manusia. Jangan sampai memberlakukan manusia seperti barang, seperti penggunaan politik uang,’’ tegasnya

Bawaslu harus bisa menerangkan kepada masyarakat tentang etika politik. Mana yang boleh dilakukan dan tidak. Penegakan hukum juga bisa dilakukan sebagai efek jera, harus ada keberanian.

“Politik jangan diartikan hanya sekedar memperoleh dan mempertahankan kekuasaan. Politik harus menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran yang diakui oleh masyarakat Indonesia. Juga nilai ketuhanan, politik yang sesuai norma agama yang kita yakini. Tidak boleh bertentangan dengan firman di kaidah-kaidah beragama,” terangnya.

Ia berharap, jalannya tahun politik ini berjalan kondusif. Tidak membawa strategi dalam teori konflik, sehingga membuat suasana politik semakin memanas.

Menurut dia, bakal calon legislatif dan kepala daerah pun sudah mulai terang-terangan mengatakan akan maju dalam kontestasi politik tersebut.

“Edukasi politik harus ditekankan untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas, bisa membawa kemajuan daerah,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Penyelanggaran Pemilu tidak hanya mengenalkan figur Cabup-Cawabup saja, melainkan juga calon anggota legislatif. Hal ini penting agar masyarakat bisa memilih pemimpin secara rasional.

“Penyelenggara Pemilu sangat perlu sekali mengenalkan para peserta Pemilu ke pada masyarakat. KPU juga harus bisa menyampaikan visi-misi dan kompetensi kandidat,” tegasnya. ***

 

 

Editor : Trias Purwadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network