Calhaj Kota pekalongan Mulai Urus Paspor Keberangkatan

Trias Purwadi
Calon haji mengurus paspor

Pekalongan,iNewsPantura.id - Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang berupaya memberikan kemudahan pada layanan paspor bagi calon jamaah haji melalui kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama di Wilayah Eks Karisidenan Pekalongan.

Calon Jamaah Haji (Calhaj) yang akan berangkat ibadah haji tahun 2023 mulai mengurus pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang maupun di Kantor Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi setempat. Dalam pembuatan pelayanan Paspor yang diberikan kepada pemohon calon haji bersifat datang langsung.

Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Non TPI  Pemalang, Arvin Gumilang melalui Humas Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang Syachruddin, menyebutkan bahwa, hingga saat ini, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang telah menyelesaikan permohonan pemberian paspor bagi calon jamaah haji di wilayah kerjanya sebanyak 1.692 paspor dari  BrebesKabupaten Tegal, Kota Tegal, Pemalang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Batang.

Rinciannya,  untuk Kabupaten Pemalang sebanyak 260 Paspor, Kota Tegal (78), Kabupaten Tegal (397); Kota Pekalongan (86), Kabupaten Pekalongan (229); Brebes (316); dan Batang sebanyak 326 Paspor," terang Syachruddin saat dikonfirmasi via telepon, Selasa ( 9/5/2023).

Menurutnya, jumlah pemohon jamaah haji tahun ini akan terus bertambah karena belum semua jamaah haji membuat paspor dan diperkirakan akan rampung menjelang waktu keberangkatan.

Selama proses pembuatan paspor untuk jamaah haji tahun 2023, sama dengan para pemohon umum. Hingga saat ini, Kantor-nya masih melayani pembuatan paspor jamaah haji sebelum pelaksanaan ibadah haji. Dalam hal ini Kantor Imigrasi berkoordinasi dengan Kementerian Agama untuk selalu menginformasikan tentang update terbaru bagi pemohon yang sudah dan yang belum melakukan proses pembuatan paspor.

"Untuk kemudahan, kami memberikan kebebasan dari pendaftaran online. Jadi kalo masyarakat umum biasanya diharuskan mendaftar melalui m-paspor, tapi untuk calon haji ini tidak perlu lagi, mereka tinggal datang ke kantor imigrasi maupun UKK terdekat," paparnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky melalui Plt Kasi PHU Kantor Kemenag setempat, H Masrukhin menerangkan bahwa, untuk proses pengajuan kepengurusan paspor calhaj sudah mulai dilakukan oleh Kemenag ke Kantor Imigrasi. Selain itu, Kemenag juga telah melakukan rekam biometrik calhaj asal Kota Pekalongan.

"Di wilayahnya, dari 319 orang calhaj yang ditetapkan akan berangkat tahun ini, per tanggal 5 Mei sudah 304 orang yang sudah melunasi biaya hajinya. Kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah seiring adanya perpanjangan waktu pelunasan biaya haji hingga 12 Mei 2023 mendatang,"

Editor : Trias Purwadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network