Pelabuhan Onshore Segera Dibangun di Kota Pekalongan

Suryo Sukarno
Pelabuhan Onshore Segera Dibangun di Kota Pekalongan

 

Pekalongan - inews.pantura.id

Pelabuhan Onshore di Kota Pekalongan akan segera dibangun setelah segala persyaratan terpenuhi. Bahkan rancangan sudah disiapkan tinggal menunggu persyaratan lain seperti Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Sehingga setelah siap semua akhir 2025 langsung dibangun. 

Pelabuhan onshore ini merupakan pelabuhan perikanan yang akan menjadi pelabuhan penghubung untuk mendukung pengembangan kota minapolitan dan produksi perikanan di Kota Pekalongan. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan, Sugiyo saat dikonfirmasi, Selasa (22/10/2024) mengungkapkan bahwa mulai dilakukan pembangunan tahun 2025.

"Rancangan sudah disiapkan, dalam perancangan tersebut diharapkan sudah dengan AMDAL, penetapan tepat, dan syarat lain. Setelah itu secara paralel akhir 2025 konstruksi pembangunan pelabuhan onshore ini akan disiapkan dilaksanakan," terang Sugiyo. 

Disebutkan, pekerjaaan ini di bawah Kementerian KKP dengan anggaran Rp467 miliar rencananya. "Sesuai rencana 20 hektar pembangunan ini. Kementerian tidak ada tahapan sekali program selesai. Tata kelola 20 hektar itu selain lahan eksisting ada lahan aklamasi," bebernya. 

Dijelaskan Sugiyo, pelabuhan onshore dibangun di laut lepas, tidak menggunakan muara atau daratan. "Pakai pantai dan laut sebagai tumpuan dermaga dan kolam tambat labuhnya," tukasnya. 

Editor : Suryo Sukarno

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network