Jelang Lebaran, Bupati Diminta Siapkan UMKM

Nanang Sulaeman
Ganjar Pranowo berdialog dengan para Bupati dan Walikota di Wilayah Pekalongan dan Sekitarnya (Kominfo Kabupaten Pekalongan)

PEKALONGAN, iNews - Bupati dan Walikota di Jawa Tengah diminta menyiapkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil menengah (UMKM) di daerahnya masing masing menjelang lebaran tahun ini.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam dialog bersama para Bupati/Wali Kota wilayah Pengembangan Petanglong (Kabupaten Pekalongan, Batang, Kota Pekalongan) dan Kedungsepur (Kabupaten Semarang, Kendal, Demak, Grobogan, Kota Semarang, Kota Salatiga) di Pendapa Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (19/4).

Bupati dan Walikota harus bisa menangkap peluang konsumsi tinggi yang diprediksi akan terjadi menjelang lebaran , karena para karyawan swasta dan PNS serta TNI Polri akan segera menerima Tunjangan Hari Raya (THR).   

“Di bulan ini, akan ada konsumsi yang tinggi. Mereka duitnya mau dibelanjakan ke mana. Cepet ditangkap. Siapkan UMKM kita, tawarkan itu," tandasnya.

Ganjar mencontohkan gerakan bersama untuk membeli parsel tahun lalu kepada UMKM. "Saya terima kasih pada kawan-kawan bupati/walikota, yang tahun lalu kita bareng-bareng termasuk Kementrian/ Lembaga yang ada di Jawa Tengah, umpama sederhana saja, seperti membeli parsel, tapi tidak dikasihkan ke pejabat ya, nanti bisa jadi gratifikasi, tapi kita kasih ke mereka yang berhak,” tuturnya.

Jika geraakn itu dijalankan, ada dua hal yang bisa didapat, pertama produk UMKM laku. Kedua pemda mengedukasi UMKM bahwaa produk mereka berkualitas dan layak untuk dibeli.

Sebentar lagi lanjut dia, akan ada libur panjang, ada mudik, orang akan datang, mereka akan belanja. Dari sisi kultural akan ada yang berkangen-kangen ria, bertemu dengan keluarga, sungkem dan sebagainya yang merupakan nilai-nilai yang dimiliki masyarakat Jawa Tengah dan seluruh Nusantara.

 

Editor : Muhammad Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network