5 Tips ini Agar Dapat Nilai Tertinggi UTBK-SBMPTN 2022

Nanang Sulaeman
Ilustrasi

JAKARTA - Bersaing dengan seluruh calon mahasiswa di Indonesia dalam SBMPTN bukan hal yang mudah, oleh sebab itu agar nilai UTBKmu tinggi ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.

Ujian Tulis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) akan dilaksanakan tatap muka mulai 17 Mei 2022, dan berakhir pada 3 Juni 2022.

SBMPTN 2022 menjadi salah satu kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mewujudkan mimpinya mengenyam bangku perkuliahan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia.

Soal HOTS merupakan soal dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Oleh karena itu, soal ini sangat berpengaruh kepada skor UTBK peserta, karena memilik bobot nilai yang besar.

Berikut sejumlah cara untuk mendapatkan nilai UTBK tinggi, dan lolos PTN impiannya masing-masing:

1. Rajin Berlatih Soal atau Mengikuti Try Out

Sering-seringlah berlatih soal atau mengikuti try out UTBK-SBMPTN 2022. Sehingga peserta nantinya akan semakin terbiasa dengan soal dan materi yang sekiranya akan keluar di UTBK nanti.

2. Cari Informasi UTBK-SBMPTN 2022 Sebanyak Mungkin

Peserta perlu mencari informasi mengenai UTBK-SBMPTN 2022 sebanyak dan selengkap mungkin. Seperti berapa alokasi waktu pengerjaan soal, materi apa saja yang akan keluar, jadwal UTBK-SBMPTN 2022, dan sebagainya.
3. Tak hanya Latihan Soal, Pahami juga Konsep Soal

Jika peserta sudah rajin berlatih soal, jangan lupa untuk memahami bagaimana format dan konsep soal tersebut. Jangan hanya menghafal soal dan materi saja.

4. Pahami Sistem Penilaian UTBK-SBMPTN 2022

Peserta juga perlu mengetahui dan memahami bagaimana sistem penilaian UTBK-SBMPTN 2022, agar peserta dapat Menyusun strategi dalam mengerjakan ujian nanti. Dalam pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 sendiri, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menggunakan sistem penilaian Item Response Theory (IRT).

Item Response Theory atau IRT ini merupakan sistem penilaian yang dilakukan dengan memberikan bobot nilai yang berbeda pada masing-masing subtes. Semakin banyak peserta yang kesulitan dalam menjawab suatu soal, maka poin atau bobot penilaian soal tersebut semakin tinggi, begitu pun sebaliknya. Jadi semakin banyak soal dengan tingkat kesulitan tinggi yang dijawab oleh peserta, semakin besar nilai UTBK yang didapatkan peserta.

5. Biasakan Berlatih soal HOTS

Pada UTBK-SBMPTN 2022 akan menggunakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). Bukan hanya hafalan, tetapi soal ini juga menguji kemampuan menganalisis peserta. Soal HOTS merupakan soal dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Oleh karena itu, soal ini sangat berpengaruh kepada skor UTBK peserta, karena memilik bobot nilai yang besar. Semakin banyak peserta menjawab soal HOTS, semakin besar nilai UTBK yang akan didapatkan oleh peserta.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network