7 Fakta Bilqis Prasista, Pemain Badminton Peringkat 333 yang Hajar Ranking 1 Dunia

Hadi Widodo
7 Fakta Bilqis Prasista, Pemain Badminton Peringkat 333 yang Hajar Ranking 1 Dunia (Foto: Okezone)

BANGKOK, iNews.id - Bilqis Prasista bersinar dan ramai dibanggakan oleh Badminton Lovers, hal tersebut terjadi setelah dirinya mengalahkan jagoan peringkat 1 dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi di penyisihan Grup A Piala Uber 2022, Rabu (11/5/2022) pagi WIB.

Bilqis dipercaya jadi wakil Indonesia pertama saat melawan Jepang. Dia berhadapan dengan tunggal putri ranking satu dunia, Akane Yamaguchi.

Hebatnya Bilqis tidak ciut nyali. Bahkan pebulu tangkis kelahiran Magelang, 24 Mei 2003 itu mampu menang dua game langsung 21-19 dan 21-19 atas Akane.

Banyak fakta menarik dari sosok Bilqis yang bisa diulas. Berikut 7 di antaranya: 

1. Peringkat 333 Dunia

Indonesia yang sudah dipastikan lolos ke perempat final Piala Uber 2022 usai mengalahkan Jerman dan Prancis, secara mengejutkan memilih mengistirahatkan sejumlah pemainnya kala menghadapi lawan sulit, Jepang di laga terakhir penyisihan Grup A.

Nama seperti Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma, hingga Amalia Cahaya Pratiwi yang menjadi andalan di dua laga awal Piala Uber 2022 diistirahatkan kala melawan Jepang.

Padahal, laga melawan Jepang juga tak kalah penting bagi Indonesia karena menentukan juara grup. Namun, Bilqis Prasista tetap diandalkan. Dia yang biasa bermain menjadi tunggal putri ketiga, justru ditempatkan di urutan pertama. Alhasil, Bilqis Prasista pun langsung dihadapkan dengan Akane Yamaguchi.

Namun, tak disangka-sangka, dia berhasil bekerja ciamik. Bilqis yang hanya menempati ranking 333 dunia saat ini berhasil mengalahkan Akane.

Bilqis pun menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang menyumbangkan angka di laga melawan Jepang. Indonesia akhirnya keluar sebagai runner-up Grup A usai kalah dengan skor 1-4 dari Jepang.

2. Ekspresi Datar

Bilqis mengalahkan Akane hanya dalam waktu 35 menit saja. Uniknya tak ada ekspresi berlebihan yang ditunjukkan Bilqis meski berhasil mengalahkan Akane. Dia hanya mengepalkan tangan kirinya ketika mengamankan poin terakhir.

Kemudian Bilqis berjalan ke pinggir lapangan untuk berjabat tangan dengan sang pelatih. Eskpresi wajahnya tak sama sekali menunjukkan kebahagiaan. Malah wajah Bilqis terlihat sedih.

Namun tampaknya ini memang jadi ciri khas dari perempuan kelahiran Magelang 24 Mei 2003 itu. Sebab dirinya memang dikenal sebagai pebulu tangkis yang kalem. Dia nyaris tak bersuara ketika mendapatkan poin di tiap game.

3. Bikin Akane Menangis

Akane pontang-panting menahan serangan Bilqis selama laga. Akhirnya, jagoan Jepang itu tumbang.

Dikutip Antara, Akane terlihat menangis saat memasuki area ruang wawancara. Die enggan berkomentar soal pertandingannya melawan Bilqis. Situasi kurang mengenakan yang dialami Akane membuat sejumlah staf Federasi Badminton Dunia (BWF) dan media lokal Jepang ikut menenangkan dan menyemangati pebulu tangkis berusia 24 tahun itu.

Sementara dari beberapa video yang diunggah akun @geewon2112, Akane terlihat mengelap air matanya dengan handuk di ruang konferensi pers. Dia sangat terpukul dengan kekalahan itu. Terlihat juga seorang staf BWF berada di sebelah Akane. Staf itu ikut menenangkan Akane.

4. Anak Legenda Bulu Tangkis

Fakta selanjutnya adalah Bilqis Prasista merupakan anak dari legenda bulu tangkis Indonesia. Bilqis merupakan anak dari pasangan Joko Suprianto dan Zelin Resiana. Orangtua Bilqis Prasista merupakan legenda bulu tangkis Indonesia di era 90-an.

Keduanya sudah menorehkan beragam prestasi manis yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Joko Suprianto sendiri yang spesialis bermain di sektor tunggal putra pernah menjadi juara dunia 1993. Kemudian ibunya, Zelin Resiana, dia berjasa membantu Indonesia menjuarai Piala Uber 1994 dan 1996. Jadi tak heran, bakat Bilqis Prasista mengalir dari orangtuanya.

5. Jadi Pahlawan Indonesia Menjuarai Badminton Asia Team Championship 2022

Sebelum menampilkan kinerja manis di Piala Uber 2022, sosok Bilqis Prasista sudah memainkan peran besar dalam kesuksesan Indonesia di Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022.

Dia membantu tim beregu putri meraih gelar juara. Ya, Bilqis jadi salah satu pemain yang dipanggil memperkuat tim Indonesia di BATC 2022, bersama sederet nama top, seperti Gregoria Mariska Tunjung hingga Putri Kusuma Wardani.

Bilqis yang diturunkan di sejumlah laga, mampu bekerja ciamik dan mempersembahkan kemenangan hingga akhirnya Indonesia meraih gelar juara. Berkat kinerja ciamiknya itu, Bilqis Prasista kemudian kembali dipercaya memperkuat Indonesia di Piala Uber 2022. Dia pun berhasil memainkan peran besar di ajang itu.

6. Unbeaten di Piala Uber 2022

Sejauh Ini Fakta menarik terakhir adalah Bilqis Prasista selalu menang di Piala Uber 2022 sejauh ini.

Bilqis yang selalu bermain di fase grup, berhasil menyapu bersih 3 kemenangan. Pertama, kemenangan diraihnya kala melawan tunggal ketiga Prancis, Yaelle Hoyaux, dengan skor 17-21, 21-14, dan 21-18.

Kemudian, Bilqis yang menjadi tunggal ketiga Indonesia sukses mengalahkan wakil Jerman, Florentine Schoffski, dengan skor 21-12, 12-21, dan 21-7. Terakhir, Bilqis mengalahkan Akane Yamaguchi yang notabene pemain peringkat satu dunia. Tak heran, penampilannya langsung mencuri perhatian besar.

 

7. Ukir Prestasi Manis Prestasi manis

Bilqis Prasista di dunia bulu tangkis tak hanya terlihat kala berlaga di ajang beregu. Kala bermain individu, dia pun bisa bekerja ciamik. Alhasil, sejumlah gelar juara sudah diraih Bilqis Prasista. S

alah satunya adalah Bangladesh Junior International Series 2021. Dia menjadi juara di ajang itu usai mengalahkan rekan senegaranya, Ruzana, dengan skor 21-14 dan 21-13. 
 

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network