Tidak Melulu Negatif, Bermain Game Online bisa Tingkatkan Kompetensi pada Anak Anda 

Nanang Sulaeman
Tidak Melulu Negatif, Bermain Game Online bisa Tingkatkan Kompetensi pada Anak Anda 

Benarkah bermain game online tidak membuat anak-anak kecanduan hingga akhirnya melupakan belajar dan bersosialisasi. Lantas, apa sih dampak positif yang bisa didapatkan dari bermain game online?

Bermain game online atau E-sport sekarang banyak digandrungi anak muda, game atau  E-sport juga termasuk salah satu cabang olahraga baru yang berkembang cukup pesat di Indonesia. Psikolog klinis Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya, Nanda Rossalia, M.Psi berpendapat setidaknya ada sejumlah hal yang bisa didapat seorang remaja dari bermain online game, salah satunya dalam hal kompetensi.

"Alasan remaja bermain game untuk menunjukkan kompetensi mereka. Balik lagi ke identitas. Menangin permainan, saya tangguh dan kompeten. Berbeda dengan di dunia nyata, nilai saya jelek. Sesuai karakteristik remaja, dia mau untuk building karena ini nanti berguna untuk confident-nya," ujar dia seperti dilansir dari Okezone 16/05/202.

Hal lain yang bisa didapat saat bermain online game yakni dalam hal otonomi yakni suatu hal yang amat dibutuhkan bahkan diimpikan oleh seorang remaja dan ini belum tentu dia peroleh di dunia nyata. Menurut Nanda, bermain online game memberi kesempatan dan kebebasan pada remaja untuk memilih serta mengambil keputusan atau langkah yang harus diambil. 

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network