Menkes: Pelonggaran Masker adalah Transisi dari pandemi ke Endemik

Nanang Sulaeman
Pelonggaran Masker adalah Transisi dari pandemi ke Endemik (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menanggapi pelonggaran kebijakan ini adalah langkah pertama dalam transisi dari pandemi ke endemik setelah keputusan presiden jokowi tanpa masker saat berada di luar ruangan.

"Apa yang telah dilakukan presiden adalah langkah yang memungkinkan kita untuk memulai transisi bertahap dari epidemi ke epidemi"

Menkes Budi menjelaskan, kebijakan pelonggaran ini didasarkan kondisi pandemi Covid-19 yang terus membaik. Salah satunya yakni jumlah kasis positif Covid-19 yang terus menurun dan tidak ada lonjakan yang signifikan.

Selain itu, dia juga melihat bahwa antibodi yang dimiliki masyarakat di Indonesia dan India sudah cukup baik dalam ‘melawan’ varian baru yang ada di sejumlah negara.

“Antibodi ini bisa berasal dari vaksinasi yang diberikan oleh pemerintah atau juga bisa berasal dari infeksi yang diberikan oleh Yang Kuasa karena kita terkena (Covid-19),” ujarnya.

Kombinasi antara vaksinasi dan infeksi, sambung dia, memungkinkan masyarakat memiliki yang namanya ‘super immunity’. Ini disinyalir menjadi alasan mengapa kasus Covid-19 di Indonesia cenderung melandai meskipun ada varian baru di negara-negara lain.

“Hasil riset di seluruh dunia menunjukkan bahwa kombinasi dari vaksinasi ditambah dengan infeksi membentuk apa yang dikalangan sains disebut super immunity,” ungkapnya.

Artinya, kekebalannya atau kadar antibodi tidak hanya tinggi tetapi juga bisa bertahan lama.

“Jadi, orang-orang yang sudah pernah divaksinasi kemudian terkena tidak hanya melindungi yang bersangkutan untuk masuk rumah sakit, tapi juga membangun super immunity, jadi kadar antibodinya tinggi dan juga bisa bertahan lebih lama,” jelas Menkes Budi.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network