Fenomena Alam Langka Gunung Bertopi ini Ternyata Pernah Terjadi di Indonesia

Hadi Widodo
Fenomena Alam Langka Gunung Bertopi ini Ternyata Pernah Terjadi di Indonesia (Foto: Facebook)

KEINDAHAN pemandangan awan berbentuk topi yang terlihat menyelimuti bagian puncak gunung jadi peristiwa alam tak biasa yang kerap terjadi di Indonesia.

Awan tersebut terbentuk karena adanya gelombang di bagian gunung atau angin lapisan atasnya. Hal itulah yang membuat awan di langit bisa muncul dan terlihat dalam bentuk berbeda, tergantung kondisi atmosfer.

Bagi yang beruntung menyaksikan secara langsung ataupun mengabadikan momen tersebut, tentu akan menjadi sebuah keberuntungan karena mendapatkan panorama yang cantik dan langka.

Berikut ini fenomena alam gunung bertopi yang pernah terjadi di tanah air dikutip dari Okezone: 

4. Gunung Sumbing

Membuka tahun 2018 lalu atau pada 1 Januari, masyarakat Jawa Tengah dihebohkan oleh keberadaan panorama Gunung Sumbing yang bertopi. Menariknya lagi, awan ini terdiri dari tiga susun dan bisa dilihat di banyak tempat. Tak pelak, fenomena langka tersebut pun menjadi viral di media sosial kal itu.

3. Gunung Semeru

Menjelang berakhirnya tahun 2018, fenomena alam cantik nan langka itu kembali menyapa masyarakat Indonesia, dimana kali ini Gunung Semeru tampak berbeda karena terdapat awan berbentuk topi yang menyelimutinya.

Peristiwa gunung bertopi yang terjadi di gunung tertinggi di Pulau Jawa itu pun cukup menyita perhatian masyarakat.

Untuk menghindari tafsir yang liar, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana kala itu yakni Almarhum Sutopo Purwo Nugroho memberikan penjelasan.

Menurut Sutopo, fenomena alam gunung bertopi terjadi karena adanya pusaran atau gelombang angin yang berada di puncak gunung. Beliau pun memberikan penjelasan ilmuahnya lewat Twitter.

"Gunung Semeru bertopi. Puncak gunung tertutup awan jenis lentikularis atau altocumulus lenticularis. Awan ini terbentuk akibat adanya pusaran angin di puncak,” demikian cuitannya kala itu, seperti dikutip MNC Portal.

2. Gunung Slamet

Fenomena gunung bertopi kembali menyapa masyarakat Jawa Tengah di awal tahun 2019 tepatnya di puncak Gunung Slamet. BNPB juga kembali menjelaskan penyebab fenomena tersebut,

Gunung Slamet bertopi menurut BNPB terjadi di mana puncak gunung tertutup awan jenis lentikularis atau altocumulus lenticularis.

Awan ini terbentuk akibat adanya pusaran angin di puncak. Ini merupakan fenomena alam biasa dan tak ada kaitannya dengan hal berbau mistis.

1. Gunung Rinjani

Setelah beberapa kali terjadi di Pulau Jawa, fenomena gunung bertopi kini merambah ke Pulau Lombok tepatnya di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 17 Juli 2019 silam.

Pemandangan cantik nan langka tersebut tampak jelas di puncak gunung, membuat fotonya pun sempat viral di media sosial.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network