get app
inews
Aa
Read Next : Wisata Guci Forest Tegal Tempat Camping Asyik di Tengah Hutan Pinus Gunung Slamet

GP Ansor Pemalang Ubah Lahan Tidur Jadi Produktif di Lereng Gunung Slamet

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:28 WIB
header img
Penanaman lahan kritis di lereng Gunung Slamet yang dilakukam GP Ansor Pemalang. Foto: iNews/Suryono Sukarno.

PEMALANG, iNews.id – Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Banser Kabupaten Pemalang mengubah lahan tidur di kawasan lereng Gunung Slamet menjadi lahan produktif.

Lahan kritis itu ditanami sejumlah tanaman produktif seperti pisang dan jagung untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ketua Pengurus Cabang Ansor Kabupaten Pemalang, Amin Fikar mengatakan, pemanfaatan lahan kritis itu merupakan salah satu upaya menanggulangi lahan kritis dengan penanaman aneka tumbuhan bermanfaat dan menghasilkan nilai ekonomi. 

Tanaman yang kembangkan adalah jagung dan pisang. Selama ini, lahan itu kosong dan hanya ditumbuhi rumput liar. Jagung dan pisang menjadi pilihan karena mudah perawatan dan nilai ekonomisnya juga bagus.

“Pemanfaatan lahan kritis ini diharapkan bisa menjadi upaya pengentasan kemiskinan bagi masyarakat. Serta menjadikan lahan kritis sebagai tambahan stok pangan lokal dan nasional,” kata Amin Fikar, Senin (11/10/2021). 

Selain jagung dan pisang, tanaman lainnya yang dibudidayakan jahe dan beberapa tanaman bermanfaat yang memiliki nilai ekonomis. Hasil tanaman sudah ada pasarnya dan akan terus dikembangkan agar semakin baik. 


Artikel ini telah tayang di jateng.inews.id dengan judul " Ada Lahan Kritis di Gunung Slamet, Ini Langkah GP Ansor Pemalang ", Klik untuk baca: https://jateng.inews.id/berita/ada-lahan-kritis-di-gunung-slamet-ini-langkah-gp-ansor-pemalang.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Kastolani

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut