get app
inews
Aa Read Next : Monumen Hoegeng Iman Santosa Diresmikan Kapolri Bersama Panglima TNI

Kapolri Ditegur Jokowi Gegara Banyak Oknum Polisi Bertindak Kasar

Senin, 25 Oktober 2021 | 12:31 WIB
header img
Presiden RI Joko Widodo menegur langsung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mendapat teguran langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyusul banyaknya tindak kekerasan yang dilakukan oknum polisi kepada masyarakat sipil.

Diketahui, dalam beberapa pecan terakhir terjadi banyak insiden oknum polisi yang bertindak berlebihan menyikapi aduan masyarakat. Salah satunya yang menyita perhatian yakni kasus oknum polisi membanting mahasiswa saat demonstrasi di Kantor Bupati Tangerang.

Juru Bicara (Jubir) Presiden Fadjroel Rachman mengatakan Presiden Jokowi menegur Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait aparat polisi yang membanting mahasiswa yang berdemonstrasi di Tangerang. Menurutnya hal ini bukti Jokowi tak antikritik.

“Misalnya dalam kasus mahasiswa di Tangerang itu langsung Presiden menegur Kapolri. Dan kemudian Kapolri langsung yang bersangkutan sekarang ditahan oleh polri. Dua hari lalu kapolri juga mengingatkan seperti itu,” katanya yang dikutip dari kanal Youtube Karni Ilyas Club, Minggu (24/10/2021).

Dia pun meminta masyarakat maupun mahasiswa tidak takut untuk menyampaikan kritik. Menurutnya tidak semua kebijakan pemerintah benar 100 persen. Apalagi menurutnya presiden melindungi hak untuk berkumpul, berpendapat, menyampaikan

“Jangan takut, jangan ragu-ragu untuk melakukan  kritik. Karena tidak pernah sebuah kebijakan pemerintahan 100 persen benar,” ujarnya.

Terkait kasus tersebut, polisi berinisial NP itu dinyatakan melanggar peraturan yang berlaku. NP pun ditahan selama 21 dan juga dimutasi yang bersifat demosi menjadi Bintara Polresta Tangerang tanpa jabatan. Dia juga mendapat teguran tertulis. 

Editor : Kastolani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut