get app
inews
Aa Read Next : Daftar 6 Mobil SUV Paling Irit BBM dan Murah

Bikin Bangga! ini 6 Mobil Buatan Indonesia yang Sudah Mendunia

Rabu, 20 Juli 2022 | 13:00 WIB
header img
Toyota fortuner Mobil Buatan Indonesia yang Sudah Mendunia (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Bikin bangga ternyata banyak merek mobil buatan Negara Indonesia yang sudah mendunia. Meski mobil-mobil tersebut merek asing, tetapi seluruh pembuatan komponen hingga proses perangkaiannya dilakukan di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terdapat puluhan ribu unit mobil buatan Indonesia laris di pasaran di luar negeri. Mobil buatan Indonesia yang mendunia tersebut juga beragam, mulai dari jenis Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV), bahkan hingga pikap.

Berikut iNews.id rangkum beberapa merek mobil buatan Indonesia yang dikirim ke luar negeri dalam bentuk utuh (completely built up/CBU).

1. Honda All New BR-V

Produksi mobil Honda All New BR-V All New BR-V ditargetkan mencapai 50.000 unit per tahun. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, Honda juga menargetkan produksi ini untuk ekspor ke sejumlah negara. 

Rinciannya adalah 40 ribu unit per tahun untuk domestik dan 10 ribu unit untuk ekspor. Ekspor All New BR-V dimulai pada Februari 2022 ke 30 negara tujuan.

2. Honda Brio

Honda Brio tidak hanya populer dan menjadi tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia. Siapa sangka, mobil mungil yang model hatchback entry level ini cukup diminati di luar negeri. Salah negara yang mendatangkan Honda Brio buatan Indonesia adalah Filipina.

3. Toyota Fortuner 

Toyota Fortuner adalah salah satu SUV terlaris di Indonesia dan luar negeri. Toyota Fortuner buatan Indonesia banyak diminati negara di Asia Oseania serta ekspor ke sejumlah negara di Timur Tengah.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut