get app
inews
Aa Read Next : Pertumbuhan Ekonomi Kota Pekalongan Maju Pesat Lampaui Rerata Jateng

Keren dan Megah! Intip Rumah Batu Unik di Wonogiri

Senin, 01 Agustus 2022 | 11:25 WIB
header img
Di Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, ada rumah batu yang telah berdiri sejak 1999 (Foto: Okezone)

PERNAH terpikir menempati rumah batu seperti Patrick Star? di Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Ada rumah batu yang telah berdiri sejak 1999.

Menurut Sutini, sang pemilik, rumah tersebut dibuat berdasarkan ide cemerlang suami tercinta. Dengan bantuan para tukang, rumah unik ini sama sekali tak menggunakan batu bata dan hanya mengandalkan semen, kawat, dan juga besi.

Ketika memasuki area dalam rumah, siapapun akan dibuat kaget. Dari luar, rumah itu benar-benar tampak seperti batu besar berwarna hitam, namun dalamnya sungguh berbeda.

Layaknya rumah pada umumnya, terdapat beberapa perabot seperti kursi dan lain-lain. Ada pula beberapa pilar besar bermotif marmer yang biasanya ada dalam rumah-rumah megah.

Meskipun bentuknya melengkung bak setengah lingkaran, tapi rumah milik Sutini juga dilengkapi ventilasi udara. Sehingga, udara maupun sinar matahari masih bisa menerobos.

Ilustrasi

Rumah batu di Wonogiri (Foto jalanmembara.wordpress.com)

Dari video yang diunggah ke instagram @merinding.id terlihat ventilasi berbentuk lingkaran yang tersebar di permukaan dinding rumah.

Rumah batu Sutini memiliki dua lantai. Area lantai dua dan satu dihubungkan oleh tangga kayu.

Sutini sendiri mengaku jarang ke lantai dua karena terasa cukup panas. Area tersebut juga tak begitu luas dan hanya dihiasi sebuah kasur tidur berukuran queen.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut