get app
inews
Aa Read Next : Duh! Minim Produksi, Bahan Bakar Fosil RI Terancam Habis dalam 15 Tahun

7 trik jitu menghemat BBM pada mobil yang bisa Anda Coba

Kamis, 01 September 2022 | 14:36 WIB
header img
7 trik jitu menghemat BBM pada mobil yang bisa Anda Coba (Foto Freepic)

 

Ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu penting untuk selalu meperhatikan kecepatan kendaraan dan mempertahankan kecepatan.

 

Perhitungkan juga jarak mobil yang satu dengan yang lain supaya Anda tidak perlu rem mendadak. Hal ini akan membuat BBM lebih efisien dan menjaga keselamatan selama berkendara.

 

  1. Gunakan AC pada Suhu yang Wajar

 

Mengatur suhu AC ke tingkat maksimal akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak. Atur suhu AC dengan bijak, sesuaikan dengan kebutuhan supaya konsumsi BBM efisien.

 

  1. Matikan Mesin saat Berhenti dalam Waktu Lama

 

Mesin yang menyala tentu akan mengonsumsi bahan bakar. Meskipun kendaraan dibiarkan diam dan tidak melaju, BBM akan terus dikonsumsi supaya mesin bisa menyala. Ada baiknya mematikan mesin jika tidak berjalan selama 20 menit sampai 30 menit.

 

  1. Kurangi Penggunaan Mobil untuk Jarak Dekat

 

Menggunakan kendaraan untuk jarak dekat dapat membuat konsumsi bensin tidak efektif karena catalytic converter belum beroperasi sebagaimana mestinya.

 

Catalytic converter baru dapat beroperasi sempurna saat melakukan perjalanan lebih dari 5 km. Untuk itu, kalau perjalanan dekat tidak perlu menggunakan mobil.

 

  1. Gunakanlah Gigi yang Tepat

 

Persneling yang ada di mobil harus digunakan sesuai laju kecepatan supaya mesin kendaraan bisa bekerja sesuai fungsinya. Namun tidak hanya karena mesin, penggunaan gigi yang tepat juga akan membuat konsumsi BBM menjadi efisien.

 

Contohnya penggunaan gigi empat atau lima pada saat menanjak akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang boros. Itulah tadi 7 trik jitu menghemat konsumsi BBM di tengah wacana kenaikan harga Pertalite. Selamat mencoba ya

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut