get app
inews
Aa
Read Next : Kapolda Jateng Mengapresiasi Senkom Mitra Polri Dalam Jaga Kamtibmas

Inilah Daftar Mobil yang Boleh Pakai Pertalite, Ada mobil Mewah

Kamis, 08 September 2022 | 10:17 WIB
header img
Mobil yang boleh pakai pertalite adalah yang memenuhi standar dan sudah terdaftar di aplikasi Mypertamina . Foto:iNews

 

JAKARTA,- iNewsPantura - Selain mengalami kenaikan harga BBM, Pertamina juga mengatur pembelian BBM bersubsidi. Mobil yang boleh pakai pertalite adalah yang sudah mendaftarkan kendaraannya ke aplikasi MyPertamina.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebutkan bahwa BBM bersubsidi akan tetap dibatasi. Dia menambahkan, sekarang Pertamina sedang menyiapkan sistem pengawasan pengaturan dengan digitalisasi. "Diharapkan dengan metode ini, mekanisme ini kita bisa lebih mempertajam ketepatan pemanfaatan BBM subsidi ini untuk yang membutuhkan," ujar Arifin di Istana Merdeka, Sabtu (3/9/2022).

Dalam revisi Perpres Nomor 191 Tahun 2014, pembatasan BBM bersubsidi akan dilakukan sesuai dengan kapasitas mesin. Untuk motor, hanya yang di bawah 250 cc. Sedangkan mobil, di bawah 1.400 cc. Selain itu, ada juga potensi skema kuota pembatasan, bagi mobil yang diperbolehkan beli Pertalite, adalah 120 liter per bulan.

Mengacu pada aturan itu, mobil yang dipasarkan di Indonesia ada yang terbilang mobil mewah. Di antaranya adalah Mercedes-Benz (A-Class, CLA, GLA 200, GLB), Audi (Q3), Peugeot (2008), hingga Volkswagen (Tiguan). Jika dilihat, kapasitas mesinnya memang di bawah 1.400 cc, namun harganya mencapai Rp 500 jutaan sd Rp 1 miliar.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut