get app
inews
Aa
Read Next : Menteri ESDM Minta Pipa Gas Masuk Ke KIT Batang Selesai Bulan Oktober 2023

Program Bagi-bagi Kompor Listrik Gratis, Golongan 450 VA Harus Tambah Daya?

Sabtu, 24 September 2022 | 11:20 WIB
header img
Program Bagi-bagi Kompor Listrik Gratis, Golongan 450 VA Harus Tambah Daya? (Foto: iNews)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa golongan yang bisa menyerap listrik tambahan karena hadirnya kompor listrik ini adalah kelompok masyarakat menengah atas. Namun, pihaknya juga akan menyalurkannya ke kelompok masyarakat bawah untuk melihat responsnya setelah uji coba kompor listrik atau kompor induksi gratis akan dilakukan secara acak.

"Jadi kalau yang sekarang diuji coba untuk masyarakat ya kita random, tetapi memang yang sebetulnya bisa meng-absorb nanti daya listrik tambahan dengan bayar itu ya menengah ke atas kan, dan menengah ke atas itu kan pada umumnya juga suka (kompor listrik) kan. Nah, yang masyarakat bawah dicoba beberapa yang paket percobaan ini, itu suka atau nggak? kalau suka nanti kita lihat skemanya," paparnya di Kementerian ESDM, Jakarta, dikutip Sabtu (24/9/2022).

Terkait apakah pelanggan golongan 450VA memungkinkan menggunakan kompor listrik, menurut Arifin seharusnya dayanya ditambah. "Harus ditambah dayanya," tukasnya.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan akan membagikan paket kompor listrik gratis kepada 300.000 rumah tangga. Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan keluarga penerima paket kompor listrik ini yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Rencana itu akan diberikan bertahap pada tahun ini. Paket kompor listrik itu terdiri dari kompor listrik, satu alat masak dan satu Miniature Circuit Breaker (MCB) atau jalur daya khusus untuk kompor listrik.

"Rencananya tahun ini 300 ribu (penerima). Jadi satu rumah itu dikasih satu paket, kompornya sendiri, alat masaknya sendiri, dayanya dinaikin," ujar dia saat ditemui di Gedung DPR RI.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut