get app
inews
Aa Read Next : Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diujicoba Mei 2023

Indonesia Jadi Negara Pertama yang Punya Kereta Cepat di Asia Tenggara

Minggu, 02 Oktober 2022 | 11:40 WIB
header img
Indonesia Jadi Negara Pertama yang Punya Kereta Cepat di Asia Tenggara (Foto: MNC)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Indonesia disebut jadi negara pertama di Asia Tenggara yang mempunyai kereta cepat

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) jelang kunjungan Presiden RI Joko Widodo bersama Presiden China Xi Jinping pada bulan November 2022.

“Suatu kebanggaan bahwa Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta cepat,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/10/2022). 

Menhub mengatakan, hal yang menjadi fokus utama penyelesaian KCJB yang membentang dari Stasiun Halim - Stasiun Karawang - Stasiun Padalarang - Stasiun dan Depo Tegalluar, adalah dari Stasiun Halim Jakarta sampai dengan Stasiun Padalarang.

Menurutnya, Stasiun Padalarang akan menjadi stasiun perjumpaan antara kereta cepat dengan kereta feeder KCJB yang akan menuju Stasiun Bandung.

“Kita targetkan perjalanan kereta cepat dari Jakarta ke Bandung akan menempuh waktu 52 menit. Dari Jakarta ke Padalarang 30 menit dan dari Padalarang ke Bandung (menggunakan kereta feeder) 22 menit,” kata Menhub.

Sebelum meninjau proyek KCJB, Menhub juga meninjau Stasiun Padalarang yang tengah dilakukan sejumlah pembangunan prasarana perkeretaapian, untuk memperlancar perjalanan kereta feeder KCJB dari Stasiun Padalarang – Stasiun Cimahi – Stasiun Bandung.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut