get app
inews
Aa Read Next : Prihatin Tingginya Angka Stunting, Mahasiswi KKN UNDIP Bikin Menu Dimmis

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Desa Wanasari, Mahasiswa KKN Kolaborasi dengan Puskesmas

Rabu, 12 Oktober 2022 | 17:42 WIB
header img
Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Desa Wanasari, Mahasiswa KKN Kolaborasi dengan Puskesmas (Foto: Ist)

PEKALONGAN, iNewsPantura.id - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 54 Kelompok 9 Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan gandeng Puskesmas Kesambi adakan Vaksinasi Covid-19 dan Imunisasi di Desa Wanasari, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal pada Rabu, 12 Oktober 2022.

Kegiatan vaksin-19 dan imunisasi diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Desa Wanasari.

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat Desa Wanasari, dan masyarakat desa lain yang ada di Kecamatan Margasari. Peserta nampak antusias dengan adanya kegiatan vaksinasi dan imunisasi salah satunya menurut penuturan Ibu Kundiasih, kader posyandu Desa Wanasari.


KKN Mahasiswa UIN Gusdur Pekalongan (Foto: Ist)

8

"Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena dapat meningkatkan kualitas kesehatan di desa ini sehingga memberikan dobrakan baru bagi kader-kader untuk melanjutkan kegiatan ini di kemudian hari," tutur Bu Kundiasih.

Muhamad Bahtiar, koordinator kelompok KKN 54 menuturkan bahwa kegiatan vaksinasi dan imunisasi ini penting dilakukan guna meminimalisir terjadinya penyakit dan menurunkan angka stunting di Desa Wanasari.

Belum lagi sebagian warga belum menerima vaksin booster dan anak-anak sudah masuk jadwal imunisasi.

"Jika tidak digalakan vaksin dan imunisasi masal dikhawatirkan masyarakat akan terkena virus covid dan stunting," terang Bahtiar.

Sementara itu, Bu Ida, petugas Puskesmas Kesambi sekaligus bidan Desa Wanasari, mengatakan bahwa vaksinasi dan imunisasi ini harus dilakukan secara rutin untuk mencegah adanya penyakit serta meminimalisir angka stunting di Desa Wanasari. Dirinya juga sempat memberikan pelatihan-pelatihan kepada kader posyandu LRB (Lansia, Remaja, Balita) dalam menangani masalah kesehatan.

"Saya akhirnya menginisiasi bersama para kader posyandu LRB (Lansia, Remaja, Balita) untuk melakukan pertemuan rutin dalam menangani masalah kesehatan," kata Bu Ida.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut