get app
inews
Aa Read Next : Inilah 6 Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata

Inilah 6 Film Indonesia Terbaik, Salah Satunya Kisah Ibu Jusuf Kalla

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 11:17 WIB
header img
Film Athiroh yang akan tayang di bioskop 29 September adalah salah satu film Indonesia terbaik yang mengisahkan tentang ibu dari Jusuf kalla. Foto:ISTIMEWA

JAKARTA, iNewsPantura.id – Meski tidak menjadi Box Office , ada film Indonesia yang dinobatkan sebagai film terbaik dalam ajang festival dan dipuji oleh para sineas dari dalam dan luar negeri.Meski tidak menjadi Box Office , ada film Indonesia yang dinobatkan sebagai film terbaik dalam ajang festival dan dipuji oleh para sineas dari dalam dan luar negeri.

Dari film itu pula , nama Indonesia makin diperhitungkan di dunia akting. Berikut 6 film Indonesia yang memenangkan pengahrgaan sebagai film terbaik, salah satunya tentang film tentag Ibu Jusuf Kalla, tokoh nasional yang pernah dua kali menjadi Wakil Presiden:  

1. Penyalin Cahaya
Penyalin Cahaya adalah film karya Wregas Bhanuteja yang dirilis di awal 2022 ini. Membawa topik kekerasan seksual di ranah kampus, Penyalin Cahaya berfokus pada kisah seorang mahasiswi bernama Suryani yang harus mencari tahu dalang di balik penghilangan beasiswanya.

2. Perempuan Tanah Jahanam
Pada tahun sebelumnya, Perempuan Tanah Jahanam berhasil menyabet gelar Film Terbaik di FFI. Merupakan film karya Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam adalah film horor yang berkisah tentang pulangnya seorang perempuan ke kampung halaman dan bertemu dengan ritual sadis yang di luar nalar.
3. Kucumbu Tubuh Indahku
Film karya Garin Nugroho ini berhasil mendapatkan Piala Citra untuk kategori Film Terbaik. Meski kontroversial, film tentang identitas gender dan seksualitas di pinggir kota ini berhasil menjadi salah satu tontonan yang dinanti penikmat film dalam negeri maupun luar negeri.

4. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak
Digarap oleh Mouly Surya, film Marlina berkisah tentang seorang janda perempuan yang terpaksa berubah menjadi pembunuh setelah kehidupannya diusik sekumpulan perampok.
Film ini mengangkat tema tentang perempuan yang menuntut keadilan dengan caranya sendiri setelah dia dirampok, diperkosa oleh sekawanan penjahat. Tak hanya cerita yang sarat pesan, film ini juga mengangkat keindahan alam Sumba. film ini berhasil memunculkan istilah genre ‘satay western’ karena visual Marlina yang mirip film koboi Amerika.

5. Night Bus
Night Bus adalah film karya Emil Heradi yang mengusung genre thriller kriminal. Mengangkat kisah cerita pendek dari Teuku Rifnu Wikana yang berjudul Selamat, film ini berfokus pada sebuah bis malam yang melaju melintasi sebuah daerah konflik. Memiliki banyak elemen politik dan aksi serta adegan mencekam, film ini berhasil meraih Piala Citra Film Terbaik pada 2017.

 6. Athirah Memiliki judul internasional Emma, film Athirah karya Riri Riza adalah film biopik yang mengangkat kisah ibunda M Jusuf Kalla dari novel semi-biografi karya Alberthiene Endah. Karena kisah yang dibawakan dan juga muatan tentang ibu yang selalu diapresiasi di Indonesia, film yang akan tayang di bioskop 29 September  ini berhasil menangkan Piala Citra pada 2016.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id , Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/film/film-indonesia-terbaik-sepanjang-masa/2.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut