get app
inews
Aa Read Next : Para Janda Minta Putin Melarang Pria Rusia ke Luar Negeri

Putin dan Zalensky Batal Bertemu di Bali

Sabtu, 12 November 2022 | 08:58 WIB
header img
putin dan zalensky batal bertemu di bali. foto;kolase inews pantura

JAKARTA, iNewsPantura.id - Dua pemimpin negara yang sedang berperang yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky batal bertemu setelah keduanya tak bisa hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan digelar pada 15-16 November di Bali.

Kemlu RI telah menerima nota diplomatik dari Kedutaan Besar Rusia di Jakarta pada 8 November lalu mengenai ketidakhadiran Presiden Vladimir Putin. Rusia akan diwakili Menlu Sergei Lavrov.

Sementara Presiden Volodymyr Zelensky yang juga masuk dalam daftar undangan tak bisa hadir, namun dia akan mengikuti pertemuan secara virtual.

Negara lain yang presidennya tak bisa hadir adalah Meksiko dan Brasil. "Brasil dan Meksiko telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir. Meksiko akan diwakili oleh Menlu Meksiko, sementara untuk Brasil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Brasil yang direncanakan secara virtual," bunyi pernyataan Kemlu, seperti dikutip, Sabtu (12/11/2022).

Negara undangan lainnya, Fiji, akan diwakili oleh utusan khusus karena negara Pasifik tersebut sedang melakukan pemilihan umum. "Kehadiran 18 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah 8 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 organisasi internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini," kata Kemlu.

Sementara itu sebanyak 17 pemimpin anggota kelompok 20 sudah dipastikan hadir. Data yang dirilis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI hingga Jumat (11/11/2022), total ada 36 pemimpin dunia dan organisasi internasional, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), dipastikan hadir di Bali.

Sementara jumlah total negara dan organisasi internasional yang terlibat di G20 tahun ini ada 41 peserta.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id , Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/data-terbaru-pemimpin-dunia-yang-hadir-di-g20-presiden-dari-3-negara-ini-absen.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut