get app
inews
Aa Read Next : Maiya 2 Residence, Investasi Menjanjikan di Kedungwuni

Suku Bunga Tinggi, Inilah Tips Ambil KPR

Minggu, 25 Desember 2022 | 05:14 WIB
header img
Inilah tips ambil KPR di tengah kenaikan suku bunga. Foto;iNewsPantura.id

JAKARTA, iNewsPantura.id - Tingginya suku bunga saat ini menyebabkan tingginya cicilan pinjaman. Maka mulailah utuk lebih cerat dalam mnegajukan pembiayaan termasuk Kredit Pemilikan perumahan (KPR).

 Inilah tips bagi masyarakat yang ingin mengambil KPR di tengah masalah kenaikan bunga.Direktur CELIOS, Bhima Yudhistira membagikan tips bagaimana mengambil KPR  di tengah suasana tingginya suku bunga. Inilah Tips Ambil KPR di tengah naiknya suku bunga:

1.Calon konsumen KPR sebaiknya menurunkan ekspektasi. Bhima menjelaskan, lebih baik memilih hunian dengan tipe lebih kecil sehingga cicilan bulanan dan bunga lebih ringan.
"Bagi yang sudah terlanjur KPR dengan bunga floating bisa take over ke bank lain yang menawarkan bunga lebih rendah dan cicilan lebih panjang," ujar Bhima kepada iNews.id, Sabtu (24/12/2022).  

Kemudian, Bhima juga menyarankan kepada calon konsumen KPR untuk menabung uang muka yang lebih besar untuk memperkecil total cicilan ditambah bunga.  Menurutnya, tren kenaikan suku bunga ini juga berdampak pada keputusan konsumen dalam berbelanja tahun depan.

Seperti diketahui, rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 21-22 Desember 2022 memutuskan menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 5,50 persen, suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6,25 persen.

Keputusan kenaikan suku bunga ini sebagai langkah lanjutan untuk secara front loaded, pre-emptive, dan forward looking memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi sehingga inflasi inti tetap terjaga dalam kisaran 3,0±1 persen.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut