get app
inews
Aa Read Next : Sertifikat Halal Jadi Syarat Produk UMKM Bisa Masuk ke Ritel

Perkuat UMKM, Anggaran Subsidi KUR Naik Jadi Rp415 Triliun

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:36 WIB
header img
Para pelaku UMKM tengah mengikuti pelatihan dalam Program Pengembangan Kapasitas Usaha yang dilaksanakan salah satu BUMN. Foto:iNewsPantura.id

JAKARTA, iNewsPantura.id – Demi memperkuat UMKM, Pemerintah meningkatkan anggaran untuk subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi Rp413 triliun pada Tahun 2023 ini. Demi memperkuat UMKM, Pemerintah meningkatkan anggaran untuk subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi Rp413 triliun pada Tahun 2023 ini.

Demikian dismapaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati .  Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan pelaku usaha dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Pada tahun ini, dia menyampaikan bahwa anggaran subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditingkatkan hingga Rp415 triliun.

 Tak hanya itu, belanja untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga meningkat hingga Rp45,8 triliun. BACA JUGA: Tak Hanya Pertumbuhan Ekonomi, UMKM Juga Berkontribusi pada Penyerapan Tenaga Kerja "Ini merupakan upaya untuk memperkuat UMKM tidak hanya secara kuantitas namun juga kualitas dan daya saingnya," ujar Sri Mulyani dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (27/1/2023).

 Sri Mulyani menambahkan, perbankan seharusnya memiliki peran bukan hanya sebagai pihak pemberi pinjaman kepada para pelaku UMKM, namun juga memberdayakan para pelaku UMKM tersebut agar mampu untuk terus meningkatkan produktivitas dan kualitasnya. “Kita akan menghadapi tahun 2023 dengan penuh optimisme, meskipun tetap dengan penuh kehati-hatian,” katanya.

Dia menuturkan, di saat banyak negara perekonomiannya terpukul keras oleh kombinasi multi-krisis selama dua tahun belakang ini, tetapi perekonomian Indonesia masih tetap dalam kondisi yang relatif baik dan resilien. Beberapa sektor terbukti cukup resilien di antaranya adalah sektor telekomunikasi, kesehatan, hingga perdagangan. Hal ini ditunjukkan dengan penerimaan negara yang tumbuh hingga 30 persen pada tahun 2022.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut