get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Gubernur Ganjar Pranowo mengajar di SMA Negeri 1 Subah

Sabtu, 18 Maret 2023 | 09:23 WIB
header img
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengajar ''mitigasi'' bencana di SMA Negeri1 Subah Kabupaten Batang

Batang,iNewsPantura - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajar di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang dengan tema "Edukasi Tanggap Bencana di Jawa Tengah." Kegiatan yang dilaksanakan Jumat (17/3) itu Gubernur didampingi Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki.

Gubernur di hadapan para siswa mengatakan warga msyarakat termasuk para pelajar wajib mengetahui kondisi lingkungannya apakah rawan atau tidak terhadap adanya potensi bencana alam.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk memperkenalkan pelajar tentang kondisi lingkungan yang rawan terhadap bencana agar sekolah-sekolah paham tentang bencana. Mulai dari pencegahan, bagaimana saat sedang terjadi bencana, sampai dengan pascabencana sehingga paham betul,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kepada wartawan usai mengajar tentang mitigasi bencana terhadap para pelajar.

Para pelajar juga dilatih tentang kebencanaan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing daerah bersama TNI dan Polri.

"Melihat kondisi dan letak Kabupaten Batang, bencana yang sering hadir meliputi pertama, banjir rob karena punya pesisir pantai, kedua, tanah longsor karena punya daerah yang berbukit-bukit dengan itu para pelajar bisa tahu cara mitigasinya seperti tanah longsor harus melakukan perbaikan sedimen tanah dengan menanam pohon,” papar Ganjar.

Ganjar menambahkan, agar pelajar tahu tentang kebencanaan, perlu tahapan yang dilakukan, yakni pencegahan dan mitigasi bencana dilakukan untuk mengurangi serta menanggulangi risiko bencana. Rangkaian upaya yang dilakukan dapat berupa perbaikan dan modifikasi lingkungan fisik maupun penyadaran serta peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Selain itu, kata Ganjar, tahap kesiapsiagaan dilakukan menjelang sebuah bencana akan terjadi. Pada tahap ini alam menunjukkan tanda atau signal bahwa bencana akan segera terjadi. Maka pada tahapan ini, seluruh elemen terutama masyarakat perlu memiliki kesiapan dan selalu siaga untuk menghadapi bencana tersebut.

“Untuk itu para sekolah-sekolah di Kabupaten Batang yang hadir dalam "Gubernur Mengajar" dapat mengetahui tentang kebencanaan dan penanggulangan, jadi nanti gurunya bisa memberikan edukasi kepada siswa-siswinya di sekolah secara menyeluruh,” pinta Ganjar.

Sementara itu, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menambahkan, hadirnya program Gubernur Mengajar di SMA Negeri 1 Subah dapat memberikan edukasi pentingnya pengetahuan tanggap bencana.

“Kerap kali bencana dapat datang secara tiba-tiba, tidak harus menunggu kerusakan alam yang amat parah tapi kadang kerusakan alam sedikit saja bisa langsung menyebabkan bencana,” ujar Lani.

Materi yang diberikan Gubernur Jateng, menurut Lani,  sudah sangat bagus, mulai dari sebelum datangnya bencana, saat terjadi bencana, hingga pasca bencana.*

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut