get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Jelang HUT Kabupaten Batang, Bupati Ziarah ke Makam Pangeran Adipati  Mandurorejo di Kendal

Sabtu, 08 April 2023 | 10:05 WIB
header img
Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat berziarah di makam Kyai Mandurorejo di Kendal.

BATANG,iNewsPantura - Menjelang peringatan HUT Kabupaten Batang ke-57 yang jatuh pada 8 April 2023, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki bersama rombongan, berziarah ke makam Kanjeng Pangeran Adipati  Mandurorejo di Dukuh Protowetan, Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Kamis (6/4/2023).

Kanjeng Pangeran Adipati (KPA) atau disebut juga sebagai Kyai Mandurorejo, merupakan pejuang pengusir penjajah Belanda di wilayah Pekalongan, Batang, hingga Kendal yang saat itu masih termasuk wilayah Kerajaan Mataram Islam.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, bahwa hari itu pihaknya berziarah ke makam Kyai Mandurorejo yang merupakan Bupati Pertama di Kabupaten Batang.

"Ziarah ini kami lakukan untuk mendoakan almarhum yang telah berjasa membangun Kabupaten Batang yang pertama kali. Kegiatan ziarah kepada tokoh-tokoh penting yang telah berjasa selalu kami lakukan setiap tahunnya menjelang hari jadi Kabupaten Batang yang sudah menjadi tradisi," kata Lani.

Ia mengatakan, ziarah makam juga salah satu wujud untuk menghargai para leluhurnya agar kita tidak lupa dengan sejarah dan supaya masyarakat Kabupaten Batang juga tahu asal usul pendiri Kabupaten Batang.

"Kita sebagai penerus harus bersama-sama memperjuangkan membangun Kabupaten Batang," katanya.

Menurut Lani, almarhum Kiai Mandurorejo di makamkan di Kaliwungu, karena dahulu juga pernah berjuang di Kendal pada masa penjajahan sampai beliau wafat. Lokasi makam almarhum ada di Dukuh Protowetan karena memang di sini komplek makam para wali.

“Setelah ziarah di makam Kaliwungu Kendal, selanjutnya kami akan berziarah ke makam 9 tokoh Kabupaten Batang di Astana Pasekaran Batang,” pungkas Lani Dwi Rejeki.

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut