get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Ribuan Warga Saksikan Kirab Budaya dalam Rangka HUT Kabupaten Batang ke-57

Rabu, 03 Mei 2023 | 10:56 WIB
header img
Kereta kencana yang dinaiki Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, memeriahkan kirab budaya dalam rangka HUT Kabupaten Batang ke 57. Foto: Ist

BATANG, iNewsPantura.id - Ribuan warga saksikan kirab budaya dalam  rangka HUT Kabupaten Batang Ke-57 yang berjalan meriah, Selasa (02/05/2023).

Arak-arakkan kirab mulai dari rangkaian Pusaka Batang yang terdiri atas Tombak Kiai Abirawa serta pusaka lain. Diikuti kereta kencana yang dinaiki Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki serta rombongan dari unsur Forkompinda dan pejabat lainnya.

Ribuan warga sejak siang memadati sepanjang jalan protokol untuk menyaksikan jalannya kirab. Warga juga berebut gunungan dan sawuran uang yang disebar Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan pejabat lainnya.

Beberapa kali, kereta kencana Pj Bupati Batang berhenti untuk menyawur warga. Anak-anak kecil hingga orang dewasa saling berebut uang koin yang disebar. Diikuti rombongan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga gunungan dari 15 Kecamatan.

"Sawuuran itu sebagai pelengkap tradisi kita dalam setiap melaksanakan kirab. Ada uang sawuran sekitar Rp8 juta sampai Rp10 juta.  Itu berupa uang koin, pecahan Rp500-an atau Rp1.000,00,” kata Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki usai kirab budaya di halaman Pendopo, Kabupaten Batang.

Ia menyebut sawuran itu bentuk berbagi rasa syukur memperingati HUT Batang. Tidak hanya Pj Bupati Batang, beberapa kepala dinas juga menyiapkan uang sawurannya masing-masing.

"Untuk jumlah kereta kencana dalam kirab itu ada sembilan buah. Dua kereta kencana didatangkan langsung dari Kraton Solo. Sisanya kereta dari sekitar Kabupaten Batang,” jelasnya.

Lani menyebut HUT Batang sebenarnya jatuh setiap 8 April. Namun, karena jatuh pada bulan Ramadan, maka segala aktivitas peringatan HUT Batang dilakukan usai lebaran.

Rute kirab antara lain dari Pendopo Pemkab Batang - Jl Veteran - Jl Diponegoro-  Jl Ahmad Yani - Jl Gajah Mada - Jl Ahmad dahlan - Jl Brigjen katamso kembali ke pendopo. 

"Kirab Budaya diakhiri dengan rebutan gunungan yang sudah didoakan para alim ulama. Ratusan warga berebut berbagai sayuran yang dipasang di gunungan itu,” pungkas Lani Dwi Rejeki. *

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut