get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Batang Siapkan 2 Atlet PABSI Batang di Popda Jateng

Selasa, 09 Mei 2023 | 08:37 WIB
header img
Silfana saat melakukan latihan angkat beban.

BATANG, iNewsPanturs.id  - Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Kabupaten Batang menggembleng dua atlet yang akan berlaga di Popda Jateng, Juni 2023.

Proses penjaringan dilakukan secara bertahap dari semula 20 orang, hingga kini mengerucut menjadi dua atlet, yakni Shafa dan Silfana. Keduanya merupakan siswi kelas V SDN Rowobelang, Batang.

Ketua PABSI Batang Rindra Wardhana mengatakan, pelatihan yang diberikan mulai dari fisik hingga teknik dan tentunya mendapat dukungan dari orang tua.

"Mental mereka juga kami bentuk supaya siap jadi atlet, karena sangat berat dari lingkungan sebagai pelajar untuk masuk ke dunia olahraga. Salah satunya dengan melakukan latihan bersama PABSI Kendal, yang telah berhasil mencetak atlet yunior, dalam waktu dekat,” katanya, saat ditemui di balai latihan angkat besi, Lapas Kelas IIB Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (6/5/2023).

Latihan fisik yang dilakukan tentu bertahap menyesuaikan kekuatan otot. Penambahan beban tidak dapat diberikan secara drastis.

"Tiap pekan kami evaluasi, untuk selanjutnya diberikan penambahan beban, maupun pola latihan. Awalnya hanya 5 kilogram, tapi berkat intensitas latihan, untuk ukuran yunior bisa mengangkat sampai 20 kilogram,”katanya.

Ia mengharapkan dari hasil latihan tersebut, keduanya bisa mengangkat beban hingga 30 kilogram, namun tetap menyesuaikan kekuatan otot mereka. Baginya yang terpenting dua atlet yuniornya itu  bisa mengangkat beban semaksimal mungkin.

"Karena mereka masih berusia di bawah 17 tahun, kami berikan vitamin ringan, seperti vitamin B dan kalsium saja. Untuk makanan tentu yang dipenuhi serat dan protein,”sebutnya.

Salah satu anak didiknya, Silfana Hamidah mengungkapkan, keikutsertaannya jadi bagian dari PABSI karena ingin mewujudkan cita-citanya menjadi atlet angkat besi.

"Saya memang ingin ikut latihan supaya jadi atlet. Alhamdulillah sudah tiga bulan latihan bisa mengangkat beban 20 kilogram, dari semula cuma 5 kilogram,” ujar Silfana.*

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut