get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Kuota Jamaah Haji Batang Bertambah 35 Orang

Senin, 15 Mei 2023 | 07:11 WIB
header img
Para Calhaj saat mencukupi persyaratan administrasi di kantor Kemenag Batang

BATANG, iNewsPantura.id - Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Batang mendapatkan tambahan kuota 35 jamaah untuk ibadah haji tahun 2023.

Hal itu dapat dipastikan setelah adanya pertemuan antara Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dengan Kementerian Agama (Kemenag) RI, hingga memutuskan tambahan kuota bagi Indonesia sebanyak 8 ribu jamaah.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kemenag Batang, Lutfi Hakim mengatakan, tambahan kouta 35 Calon jamaah haji (Calhaj) itu telah dikonfirmasi oleh Kemenag didampingi KBIH, untuk melakukan proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

"14 Calhaj di antaranya sudah siap melakukan pelunasan. Dibuktikan Senin kemarin mereka sudah datang kemari, untuk konfirmasi dan pembukaan blokir nama yang bersangkutan untuk masuk dalam nominatif jamaah haji,” terangnya, saat ditemui di Gedung PLHUT Kantor Kemenag Batang, Kabupaten Batang, Selasa (9/5/2023).

Total jamaah haji Kabupaten Batang sebanyak 714 orang, terdiri 685 jamaah reguler dan 29 jamaah haji lansia prioritas. 640 di antaranya telah melakukan konfirmasi pelunasan biaya ibadah haji.

"Jumlah total jamaah haji yang akan diberangkatkan belum bisa dipastikan karena masih dalam waktu pelunasan, apalagi waktunya diperpanjang sampai 12 Mei,” jelasnya.

Ia memastikan, penambahan kuota 35 jamaah itu tidak ada ketentuan lansia, namun diurutkan sesuai nomor porsinya.

"Kepastian berangkat jamaah haji asal Kabupaten Batang akan tergabung dalam kloter 42 bersama Kota Pekalongan, kloter 43 seluruhnya Kabupaten Batang dan kloter 44 dengan Kota Surakarta,  yang rencananya akan terbang ke Tanah Suci pada 6 Juni mendatang,”kata dia.*

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut