get app
inews
Aa Read Next : Sering Dilanda Rob, Jalan Samudra Pasai Dibangun

DPUPR Rutin Pelihara dan Rehabilitasi Jalan yang Rusak

Senin, 15 Mei 2023 | 07:29 WIB
header img
DPUPR memperbaiki jalan rusak di wilayah Kota Pekalongan

Pekalongan,iNewsPantura.id - DPUPR Kota Pekalongan rutin memperbaiki jalan di wilayahnya baik rusak kecil maupun rusak parah.

Demikian Kepala Bidang Bina Marga, Kukuh Adi Sri Satyanto saat dikonfirmasi melalui telepon. "Pasca lebaran ini kami mulai disibukkan dengan berbagai agenda pemeliharaan jalan dan saluran serta rehabilitasi jalan di Kota Pekalongan. Mulai banyak kegiatan fisik atau pekerjaan proyek yang harus kami kerjakan, sebagian dari SPK sebelum lebaran, sebagian juga masih lelang," jelas Kukuh.

Menurut dia, untuk pemeliharan jalan  rutin hampir semua jalan di Kota Pekalongan yang mengalami kerusakan minor atau kecil. Beberapa jalan yang dipelihara baru-baru ini seperti Jalan Pattimura, Binagria, Slamaran, dan depan pasar Banyurip. "Untuk jalan yang akan direhabilitasi saat ini masih dalam proses lelang seperti Jalan Ahmad Dahlan, Jembatan Ki Mangun Sarkoro yang ambles, salah satu jalan di Kramatsari, dan sebagainya," kata Kukuh.

Kukuh menjelaskan, untuk proses lelang biasanya memakan waktu tiga mingguan jika berjalan lancar. Maka dia berharap lelang segera selesai sehingga pekerjaan rehabilitasi jalan segera dilakukan.

Terkait anggaran untuk pemeliharaan dan rehabilitasi, menurut dia menggunakan APBD Kota Pekalongan. Adapun yang menggunakan dana lainnya seperti Bankeu yakni pekerjaan jalan beserta saluran seperti Jalan WR Supratman dan Samudra Pasai.

"Untuk pekerjaan dengan dana Bankeu ini biasanya pada pertengahan tahun. Untuk Jalan WR Supratman sekitar 600 meter termasuk saluran dan trotoar dengan anggaran Rp 8 miliar sedangkan Samudra Pasai. Samudra Pasai kisaran 500 meter tidak dengan saluran dengan anggaran Rp3,5 miliar. Ini masih proses perencanaan biasanya pertengahan tahun baru mulai dan akhir tahun selesai," papar Kukuh.

Kukuh menjelaskan, DPUPR membuka aduan atau keluhan dari masyarakat terkait jalan, aduan bisa melalui wadul aladin. "Kami berusaha merespon dan melakukan penanganan cepat," katanya.

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut