Makin Gahar, Vario 160 Tantang Yamaha Aerox 155
PT Astra Honda Motor meluncurkan All New Vario 160 dengan fitur dan teknologi baru. Kehadiran skutik premium sporti ini langsung jadi penantang serius Yamaha All New Aerox 155. Lantas bagaimana perbandingan kedua skutik ini?
Dari segi performa mesin Vario 160 mengusung mesin 4-langkah 4 klep eSP+ PGM-FI berpendingin cairan, berkapasitas 156,9 cc dengan diameter x langkah (60 mm x 55,5 mm)serta kompresi 12:1.
Mesin baru skutik Vario 160 ini mampu menghasilkan output tenaga 11,3 KW atau setara 15,3 tk pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm. All New Honda Vario 160 ini mengusung mesin serupa PCX 160 .
Adapun Aerox 155 didesain dengan mesin 4-langkah, SOHC, VVA, berpendingin cairan, kompresi 11,6:1, berkapasitas silinder 155 cc. Yamaha All New Aerox 155 juga mencomot mesin dari NMAX 155. Ukuran bore x stroke masih sama dengan versi sebelumnya, 58,0 mm x 58.7 mm.dengan diameter x Langkah (58,0 mm x 58,7 mm).
Tenaga maksimumnya bisa mencapai 11,3 kW atau setara 15,3 tk pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 13,9 Nm pada 6.500 rpm.
Dari segi dimensi sebenarnya kedua skutik ini cukup berbeda. Menurut spek resmi pabrikan, Vario 160 memiliki ukuran (PxLxT) 1.929 mm x 679 mm x 1.088 mm, dengan wheelbase 1.277 mm.
Sementara Aerox 155 memiliki ukuran 1.980 mm x 700 mm x 1.150 mm, serta jarak sumbu roda 1.350 mm. Dapat disimpulkan, Vario 160 menawarkan dimensi bodi yang lebih kompak.
Tinggi tempat duduk kedua motor ini memiliki ukuran yang cukup nyaman buat orang Indonesia, Vario 160 memiliki ukuran 778 mm . Sedangkan tinggi jok Aerox 155 yaitu 790 mm.
Adapun ukuran tangki BBM keduanya memiliki kapasitas yang sama 5,5 liter. Di bagian kaki-kaki, All New Aerox 155 rupanya lebih tinggi. Ban depannya berukuran 110/80-14 dan belakang 140/70-14.
Sedangkan Vario 160 sebetulnya sudah lebih besar daripada Vario 150 yang berukuran 90/80-14 untuk depan dan 100/80-14 untuk ukuran ban belakang.
Namun tidak sebesar Aerox 155, di mana ban skutik ini mengusung profil 100/80-14 pada ban depan dan 120/70-14 pada ban belakang.
Editor : Nanang Sulaeman