get app
inews
Aa Read Next : Di Depan Ribuan Nahdliyin, Jokowi Sebut NU Layak Berkontribusi Untuk Dunia

Hebat, PLN Raih Penghargaan Internasional

Kamis, 10 Februari 2022 | 12:05 WIB
header img
PLN raih penghargaan internasional (foto: okezone)

JAKARTA -- Dua karya PT PLN (Persero) berhasil meraih penghargaan internasional, yaitu PMCB (Pole Mounted Circuit Breaker) dan Avator (Automatic Vibration Monitor Calibrator).

Pada ajang KIDE (Kaohsiung Invention & Design Expo) tanggal 2-4 Desember 2021 di Kaohsiung, Taiwan  PMCB berhasil meraih emas.  KIDE adalah salah satu ajang pameran terbesar di Asia bagi para penemu untuk memamerkan penelitian.

Sebelumnya PMCB berhasil menyabet penghargaan Satyalancana dari Presiden RI dan Kementerian. 

PMCB merupakan karya inovasi pada 2008 bidang distribusi dari UID Jawa Timur oleh tim yang dipimpin oleh Senior Manajer Perencanaan Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UIW Suluttenggo), Juli Sasmiharto.

Selanjutnya, mendali emas juga diberikan kepada Avator pada ajang Invention, Innovation & Technology Exhibition (ITEX) pada 13-14 Desember 2021 di Kuala Lumpur, Malaysia.

ITEX merupakan gelaran kompetisi internasional yang menyajikan penemuan inovasi unik kepada komunitas bisnis komersil. Kompetisi ini digagas oleh MINDS (Malaysian Invention & Design Society) sejak 1989.

Tak hanya itu, pada kompetisi Technology Breakthrough BUMN Millennial Innovation Summit dan penghargaan Asian Power Award 2018, Avator juga berhasil memperoleh juara 1 tahun 2020.

Avator merupakan hasil inovasi dari tiga pegawai PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), yaitu Robbi Auzikni Anaskur, Apolinius Adhi H.P. dan Alfian Budiarmoko yang dikerjakan pada 2018 bidang Technical Supporting.

Avator didesain secara otomatis mengintegrasikan alat ukur dan fungsi-fungsi kalibrator dalam satu peralatan, sehingga lebih praktis namun makin akurat, sehingga berbeda dengan kalibrator monitoring lainnya.

Avator telah dilakukan pengembangan pada tahapan uji implementasi di lima unit pemeliharaan PLN Group, yakni PT Indonesia Power (IP), PJB Services, Unit Induk Pembangkitan Sumatera Selatan (UIK SBS), Kitlur Kalimantan dan Kitlur Sulawesi.

Agung Murdifi Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN mengungkapkan, penghargaan ini menunjukkan PLN memiliki teknologi canggih untuk menghadirkan listrik yang andal dan pelayanan prima.

"Keberhasilan PMCB dan Avator meraih penghargaan internasional menunjukkan buah inovasi insan PLN telah diakui oleh dunia," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Minggu, 6 Februari 2022.

Dia menambahkan, keberhasilan inovasi PMCB dan Avator dalam ajang internasional ini mempertegas PLN sebagai pemimpin industri pembangkitan yang tidak hanya andal dalam memproduksi listrik namun juga memiliki SDM berdaya inovasi tinggi.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan PLN (Puslitbang) turut memberikan apresiasi kepada tim PMCB dan Avator bersamaan dengan acara Rapat Koordinasi yang dilaksanakan pada 26–27 Januari 2022.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan pula sertifikat dan medali kepada inovator PMCB dan Avator oleh EVP Engineering dan Teknologi PLN Zainal Arifin, bersama General Manager PLN Puslitbang Iswan Prahastono.

Dia berharap penghargaan ini dapat memacu setiap insan PLN untuk dapat berkreasi dan menelurkan ide-ide kreatif mereka.

Karya inovasi ini telah melalui beberapa tahapan pengembangan oleh tim dari dua unit PLN, yaitu Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) dan Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan (Pusharlis) dan saat ini sudah diproduksi massal sebanyak 318 unit dengan value creation sebesar Rp60 miliar.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut