get app
inews
Aa Read Next : Kisah Rasulullah Bagian 115: Rasullullah SAW Mengutus Nu’aim bin Mas’ud

5 Bulan Baik untuk Menikah Menurut Islam

Sabtu, 12 Februari 2022 | 22:06 WIB
header img
bulan baik menikah menurut Islam (foto:ist)

JAKARTA, iNews.id - Menentukan bulan yang baik untuk menikah lazim dilakukan masyarakat Jawa. Lantas bagaimana tradisi tersebut menurut Islam?

Dalam agama Islam, ternyata ada lima bulan yang baik untuk menikah. Berikut 5 Bulan yang baik untuk menikah menurut Islam:

1. Bulan Syawal Pada Bulan Syawal tepatnya tahun ke-10 kenabian beberapa hari selepas wafatnya Khadijah, Rasulullah SAW akhirnya menikahi Saudah binti Zam'ah, dan pada tahun kesebelas kenabian, Nabi Muhammad juga menikah dengan Aisyah binti Abu Bakar tepatnya 5 bulan sebelum Hijrah, kejadian tersebut berlangsung di bulan yang sama yakni Bulan Syawal.

2. Bulan Muharram Salah satu bulan yang baik untuk melangsungkan pernikahan menurut islam yakni bulan Muharam, mengapa demikian? karena pada bulan tersebut Rasulullah SAW mempersunting Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan, pada saat itu Rasulullah SAW memberikan surat kepada Raja Najasyi di bulan Muharram tahun 7 Hijrah. Pada bulan tersebut juga Rasulullah SAW menikahi wanita dari Bani Israel yaitu Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab.

 3. Bulan Dzulqa'dah Pada bulan ini tahun kelima Hijriah, Rasulullah SAW menikahi wanita dari Bani Asad bin Khuzaimah yaitu Zainab binti Jahsyi bin Royab. Nabi Muhammad juga menikahi seorang janda tua yakni Maimunah binti Al- Harits, beliau menikah pada saat melaksanakan Umroh Qadha, tepat di bulan Dzulqa'dah tahun 7 Hijrah.

4. Bulan Sya'ban
 Bulan yang baik untuk menikah menurut islam yang lainnya yakni bulan Sya'ban, karena pada bulan ini Rasulullah SAW menikah dengan Hafsah binti Umar Bin Khattab di tahun ketiga hijriyah dengan alasan untuk menghormati Umar Bin Al-Khattab sebagai ayahanda dari Hafsah. Pada bulan Sya'ban pula Nabi Muhammad menikah dengan seorang tawanan perang yaitu Juwairiyah binti Al-Harits beliau menikah di tahun 6 Hijrah.

 5. Bulan Rabiul Awal
 Bulan yang baik untuk menentukan waktu pernikahan menurut islam yakni ada bulan Rabiulawal, mengapa demikian? Pasalnya di bulan ini Rasulullah SAW menikah dengan Khadijah Binti Khuwailid pada saat Nabi Muhammad berusia 25 tahun sedangkan istrinya berumur 40 tahun, mereka menikah tepat pada 10 Rabiul Awal. Demikian beberapa bulan yang baik untuk menikah menurut islam, semoga bermanfaat. Wallahu'alam

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut